Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Dikabarkan Isi Kursi Komut PTBA

Yunike Purnama - Kamis, 15 Juni 2023 06:15
Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Dikabarkan Isi Kursi Komut PTBAMantan Panglina TNI AD Andhika Perkasa (kiri) (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia)

JAKARTA – Mantan Panglima TNI AD, Andika Perkasa dikabarkan akan mengisi kursi komisaris di PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Nama jenderal bintang empat ini mencuat jelang rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang rencananya akan digelar pada Kamis, 15 Juni 2023. Perombakan susunan pengurus PTBA memang menjadi mata agenda ketujuh RUPST.

Ada dua kursi yang akan diubah dalam susunan pengurus, pertama adalah komisaris utama yang sebelumnya dijabat oleh Agus Suhartono. Masa jabatan Agus untuk periode kedua berakhir pada 11 April 2023.

Selain itu, PTBA juga akan mengganti penghuni kursi komisaris yang semula diduduki Devi Pradnya. Devi diketahui diangkat sebagai Direktur Keuangan PT Indonesia Asahan Aluminium, sehingga masa jabatannya habis pada 21 Maret 2023.

Berdasarkan sumber TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com yang kredibel, kursi kosong komisaris utama akan digantikan oleh mantan panglima. “Informasinya mantan panglima masuk ke PTBA sebagai komisaris utama,” ujar sumber internal, Rabu 14 Juni 2023.

Hingga berita ini tayang, Corporate Secretary PTBA Apollonius Andwie C. belum mengonfirmasi kebenaran rumor tersebut saat dihubungi TrenAsia melalui pesan singkat.

Kemunculan nama Andika di PTBA cukup mengejutkan. Sejauh penelusuran TrenAsia, jika rumor ini benar, maka jabatan komisaris di PTBA merupakan posisi pertama Andika di luar karir militer.

Menantu AM Hendropriyono

Andika menikahi putri dari Jendral (Purn) Abdullah Mahmud Hendropriyono, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati pada 1992. Jenderal (Purn) A.M Hendropriyono sendiri merupakan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) periode 2001-2004. Sebelum, Hendropriyono memimpin pasukan elit Kopassanda atau yang kini disebut sebagai Kopassus.

Dari pernikahan tersebut, Andika dan Diah dikaruniai satu anak, yaitu Alexander Wiratama Akbar Perkasa.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS