LPS: Perlu Strategi Jangka Panjang dan Mitigasi Risiko untuk Kembangkan Bisnis BPR

Yunike Purnama - Rabu, 28 Juni 2023 13:09
LPS: Perlu Strategi Jangka Panjang dan Mitigasi Risiko untuk Kembangkan Bisnis BPRIlustrasi logo LPS (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia)

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menilai potensi berkembangnya bisnis Bank Perekonomian Rakyat (BPR) masih sangat terbuka ke depannya di tengah kondisi ekonomi dan stabilitas sistem keuangan yang terus terjaga dengan baik.

Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan dan Statistik LPS Priyanto Budi Nugroho mengatakan, salah satunya dari pertumbuhan pasar, di mana terus tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap industri keuangan untuk membantu menggerakkan roda perekonomian terutama di desa-desa. 

"Kemudian penggunaan teknologi yang memungkinkan BPR untuk meningkatkan pelayanan dan memperluas jangkauan dan ketiga, dukungan pemerintah yang akan diperkuat terutama untuk memperkuat peran BPR dalam membiayai sektor UMKM,” ujarnya dalam keterangan resmi dikutip Rabu, 28 Juni 2023.

Selain itu, BPR perlu untuk terus berinovasi dan melakukan strategi pemasaran yang efektif untuk tetap dapat bersaing dengan bank konvensional. 

"Penerapan teknologi dan transformasi digital pun menjadi tantangan bagi BPR yang mungkin memiliki keterbatasan sumber daya manusia guna lebih memudahkan para nasabah, karena ini juga penting," ujarnya.

Lebih lanjut, terkait kepatuhan regulasi seperti lembaga keuangan lainnya, Priyanto mengatakan, BPR senantiasa mematuhi peraturan perbankan yang ketat dan memastikan kepatuhan terhadap persyaratan yang ditetapkan. 

Sebab, perubahan peraturan atau kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi operasional BPR dan memerlukan adaptasi yang cepat.

Priyanto mengungkapkan, dengan berbagai peluang dan tantangan tersebut, agar bisnis BPR terus berkembang maka diperlukan strategi jangka panjang dan mitigasi risiko yang tepat bagi BPR. 

Menurutnya, tumbuh dan berkembangnya bisnis BPR merupakan salah satu pilar penting demi menjaga stabilitas sistem keuangan, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap perbankan tanah air terus meningkat.

“Kami mengapresiasi dan terima kasih kepada para stakeholders khususnya di industri BPR, yang selama ini telah mendukung LPS dalam menjalankan fungsi penjaminan dan resolusi, serta turut menjaga stabilitas sistem keuangan dan terus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan,” pungkasnya.(*)

Editor: Redaksi
Tags BPRLPSBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS