Lima Langkah Cerdas Memanfaatkan Gap Year Sebelum Kuliah Agar Keuangan Terjamin

Yunike Purnama - Minggu, 09 Juli 2023 21:27
Lima Langkah Cerdas Memanfaatkan Gap Year Sebelum Kuliah Agar Keuangan TerjaminStrategi Mengelola Keuangan Saat Gap Year Sebelum Kuliah (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Ketika musim kelulusan sekolah menengah atas, pada umumnya banyak anak-anak memilih untuk langsung masuk perguruan tinggi setelah lulus dari sekolah. 

Namun,ada juga yang memilih untuk gap year agar dapat mempersiapkan kondisi keuangan sekaligus persiapan belajar untuk mendapatkan jurusan yang lebih baik.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari gap year, seperti beristirahat dan memulihkan tenaga setelah bertahun-tahun mengalami tekanan akademi, mengeksplorasi passion, atau mulai mengembangkan kemandirian dengan mencari penghasilan. 

Agar gap year Anda tidak terbuang sia-sia, Anda bisa melakukan beberapa cara cerdas berikut ini agar keuangan Anda tetap terjaga.

Strategi Mengelola Keuangan Saat Gap Year Sebelum Kuliah

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan waktu jeda sebelum masuk ke perguruan tinggi.

1. Tentukan Tujuan

Gunakan waktu gap year ini dengan bijak, dengan cara menyeimbangkan istirahat serta menetapkan tujuan untuk masa depan. Tetapkan tujuan untuk hasil yang Anda inginkan, berapa lama harus mencapai tujuan tersebut dan ke mana Anda ingin pergi.

2. Hasilkan Uang

Memasuki dunia perkuliahan akan menghabiskan banyak uang. Anda bisa memanfaatkan gap year ini dengan bekerja dan menabung selama satu tahun untuk membantu mengurangi jumlah tagihan yang diperlukan. 

Anda bisa mencoba bekerja seperti part time di kafe, menjaga perpustakaan, atau menjual jasa desain grafis untuk menambah uang saku sekaligus sebagai portofolio hasil kerja Anda.

3. Siapkan Rekening Tabungan

Siapkan rekening bank terpisah untuk tabungan Anda. Cara ini adalah langkah yang tepat untuk memastikan bahwa Anda tidak akan membelanjakan uang yang telah Anda tabung dengan susah payak tersebut.

4. Cari Beasiswa

Ada banyak hibah dan beasiswa di luar sana yang dibuat khusus untuk meringankan beban keuangan calon mahasiswa. Selama gap year, berinisiatiflah untuk mencari cara membayar biaya perkuliahan nanti. 

Pastikan beasiswa yang Anda dapatkan mampu membiayai kebutuhan Anda selama kuliah, mulai dari biaya semesteran hingga biaya buku. 

5. Mulai Berinvestasi

Salah satu keputusan keuangan terbaik yang dapat Anda buat selama gap year adalah dengan menggunakan uang yang Anda simpan untuk berinvestasi. Berinvestasi sejak dini dapat mempersiapkan Anda untuk masa pensiun yang lebih sehat. 

Selain itu, dengan mulai belajar berinvestasi, Anda bisa semakin melek literasi keuangan sehingga Anda akan lebih siap dalam pengelolaan keuangan saat terjun ke dunia kerja nanti.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS