Lima Kebiasaan Mudah yang Mampu Atur Financialmu!

Yunike Purnama - Sabtu, 16 September 2023 08:26
Lima Kebiasaan Mudah yang Mampu Atur Financialmu!Memiliki kebiasaan keuangan yang akan memudahkan Anda untuk meraih kesuksesan finansial. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Memiliki kebiasaan keuangan yang akan memudahkan Anda untuk meraih kesuksesan finansial. Mempraktikkan kebiasaan finansial yang baik selama seumur hidup akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda, baik itu merencanakan masa depan, menabung atau menjaga kondisi keuangan saat ini.

Saat Anda memiliki dan membangun kebiasaan finansial yang baik, maka Anda akan dengan segera melihat tabungan di rekening Anda mulai tumbuh. Oleh karena itu, simak cara menerapkan kebiasaan tersebut berikut ini.

Kebiasaan Finansial yang Sangat Bermanfaat Seumur Hidup

berikut beberapa kebiasaan keuangan yang memiliki dampak positif untuk kehidupan Anda.

1. Hidup Sesuai Kemampuan

Kebiasaan ini menuntut Anda untuk tidak mengeluarkan lebih banyak uang daripada uang yang Anda hasilkan. Jika Anda membelanjakan lebih sedikit atau sama dengan jumlah uang yang Anda hasilkan setiap bulan dari pekerjaan dan sumber pendapatan lainnya, itu berarti Anda belanja di bawah kemampuan Anda.

Untuk menerapkan kebiasaan ini, Anda perlu melakukan perubahan kecil seperti membuat anggaran, mengelola pengeluaran, dan selalu membelanjakan uang lebih sedikit daripada penghasilan Anda.

2. Sisihkan untuk Tabungan Terlebih Dahulu

Jika Anda ingin menambah tabungan Anda, lakukan pertama kali setelah Anda memperoleh pendapatan. Tabunglah terlebih dahulu uang yang Anda terima saat gajian lalu hiduplah dari sisa uang tersebut.

Jika Anda hanya menabung setelah tagihan dan pengeluaran Anda dilunasi, Anda justru berisiko tidak dapat menabung dengan cukup untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

3. Pertahankan Anggaran

Salah satu kebiasaan finansial seumur hidup yang baik untuk dimulai adalah dengan membuat anggaran. Anggaran akan membantu Anda mengelola uang dengan sukses. Penganggaran membantu Anda membayar tagihan tepat waktu, membangun kekayaan dengan menabung, dan mencegah darurat keuangan.

Jika Anda tidak memiliki anggaran, Anda mungkin tidak tahu ke mana perginya semua uang Anda. Memiliki anggaran adalah salah satu kebiasaan finansial baik yang mutlak harus Anda terapkan jika ingin mengendalikan keuangan Anda. 

4. Lunasi Utang

Melunasi utang adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan jika Anda ingin membangun kebiasaan keuangan yang baik. Terbebani utang tidak hanya berisiko membahayakan keuangan Anda, tapi juga berdampak besar pada kesehatan mental dan emosi.

Penting untuk segera melunasi dan keluar dari jeratan utan agar Anda mampu mengatasi tekanan finansia. Dengan melunasi utang, Anda juga dapat mulai menabung lebih banyak dan mengamankan masa depan keuangan Anda.

5. Belanja Tanpa Kartu Kredit

Kebiasaan ini tidak hanya akan mencegah Anda kehabisan saldo kartu kredit tapi juga mencegah Anda untuk menghabiskan uang lebih banyak dengan yang Anda hasilkan. Selain itu, ketika Anda menggunakan uang tunai Anda sendiri atau kartu debit ketika melakukan pembelian, ada kemungkinan besar Anda akan menghabiskan uang lebih sedikit dibandingkan jika Anda berbelanja dengan kartu kredit.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memiliki kebiasaan finansial yang baik seumur hidup agar keuangan lebih terjamin.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS