Lebih Nyaman! KAI Luncurkan Kereta Api New Generation

Yunike Purnama - Rabu, 27 September 2023 17:56
Lebih Nyaman! KAI Luncurkan Kereta Api New GenerationPT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan kereta kelas ekonomi terbaru berjuluk New Generation di Stasiun Pasar Senen Jakarta, 26 September 2023. (sumber: KAI)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan kereta kelas ekonomi terbaru berjuluk New Generation di Stasiun Pasar Senen Jakarta, 26 September 2023. Kereta tersebut berbeda dengan kereta ekonomi lainnya karena hanya berkapasitas 72 penumpang. 

Meski demikian, kereta ini diklaim lebih nyaman dibanding kereta ekonomi lain. Kereta ekonomi New Generation menggunakan reclining seat dan revolving yang memungkinkan kursi untuk direbahkan dan diputar menyesuaikan arah kereta.

Ada pula pembaruan lain yaitu keberadaan Public Information Display System (PIDS) pada kereta yang menampilkan jam serta suhu ruangan. Menyusutnya jumlah kapasitas penumpang pada kereta berdampak pada legroom yang menjadi lebih longgar dari kereta ekonomi lainnya. 

Kereta ini juga dibuat sedemikian rupa pada bentuk bagian bagasi hingga pemilihan warna yang cerah sehingga interiornya mirip dengan kereta kelas eksekutif. Operasional perdana kereta ekonomi New Generation tersebut dirangkaikan pada KA Jayabaya relasi Stasiun Pasar Senen-Stasiun Malang via Surabaya Pasarturi. 

Nantinya tiap rangkaian KA Jayabaya akan berstamformasi empat kereta eksekutif (K1) dan lima kereta kereta ekonomi New Generation (K3) serta sebuah kereta restorasi dan pembangkit (MP3).

Perbaiki Layanan

Peluncuran kereta ekonomi New Generation tersebut merupakan bagian dari peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh PT KAI. Hal itu tidak terlepas dari adanya kritik dan saran dari para pelanggan yang memberikan masukan untuk keberlanjutan layanan. 

“KAI mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia yang telah banyak memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan berkelanjutan dalam layanan KAI di segala lini,” ujar Direktur Niaga PT KAI Surya Hadis Palapa, dikutip dari Antara, Rabu 27 September 2023.

Tidak hanya itu, Direktur Niaga KAI juga mengungkapkan jika peluncuran kereta ekonomi New Generation juga merupakan rangkaian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 KAI yang jatuh pada 28 September 2023 mendatang. HUT tersebut mengusung tema “Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju”.

Hasil Modifikasi Balai Yasa Manggarai

Kereta ekonomi New Generation merupakan hasil modifikasi dan perbaikan Balai Yasa Manggarai sebagai salah satu bengkel perawatan sarana kereta api. Terdapat total 12 kereta ekonomi yang dimodifikasi di Balai Yasa tersebut sejak April 2023 lalu. Kereta yang dimodifikasi tersebut awalnya merupakan jenis kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk produksi PT INKA tahun 2012 dan 2014.

Berdasarkan pantauan dari Trenasia kereta ekonomi New Generation telah terlebih dahulu melakukan uji coba perjalanan pada 19 September 2023 dari Manggarai ke Cikampek sebelum akhirnya diresmikan penggunaannya dengan dirangkai pada KA Jayabaya.

Terkait modifikasi kereta, PT KAI akan memperbanyak hal serupa kembali untuk meningkatkan kenyamanan sehingga minat masyarakat naik kereta menjadi lebih besar. “KAI akan terus memperbanyak modifikasi kereta sehingga semakin banyak sarana kereta api yang ditingkatkan kenyamanannya. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” ujar Hadis.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS