Langkah Masif OJK Lampung Bersama TPAKD Metro dan Stakeholder Berhasil Raih KEJAR Award 2023

Yunike Purnama - Selasa, 22 Agustus 2023 11:19
Langkah Masif OJK Lampung Bersama TPAKD Metro dan Stakeholder Berhasil Raih KEJAR Award 2023Penyerahan piagam program KEJAR Award 2023 oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Berhasilnya Kota Metro mendapatkan penghargaan sebagai ‘Wilayah Implementasi program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) Terbaik’ dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat adalah merupakan bukti implementasi program KEJAR secara masif dan hasil dari sinergi semua pihak dalam mendukung program KEJAR. 

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung Bambang Hermanto mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada bank peserta, satuan pendidikan, dan perangkat daerah di kota Metro yang telah berpartisipasi aktif serta berkontribusi dalam mendukung implementasi budaya menabung khususnya melalui Program KEJAR,”ujarnya kepada Kabarsiger.com pada Senin, 21 Agustus 2023. 

Harapannya kedepan, tidak hanya pelajar SD-SMP saja tapi juga bisa melibatkan para siswa yang duduk di bangku SMA serta para santri di lingkungan pondok pesantren sehingga program KEJAR ini bisa lebih masif dan berkelanjutan.

Bambang melanjutkan, sebagai salah satu bentuk upaya dan aksi dalam mendukung implementasi program KEJAR di kota Metro, OJK Provinsi Lampung, Pemerintah Kota Metro, Kementerian/Lembaga terkait dan industri perbankan dalam wadah Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) telah menginisiasi Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dalam rangka menumbuhkan budaya menabung sejak dini dan meningkatkan inklusi keuangan pada kelompok pelajar di Provinsi Lampung dan Kota Metro. 

Sebelumnya OJK bersama TPAKD Provinsi Lampung dan Kota Metro telah menginisiasi untuk diterbitkannya Surat Edaran Gubernur Provinsi Lampung Provinsi Lampung Nomor 045.2/2566/04/2019 Tentang Hari Indonesia Menabung dan Surat Edaran Walikota Metro Nomor 500/36/SETDA/04/2020 Tanggal 10 Agustus 2020 Tentang Hari Indonesia Menabung Kota Metro.

Beberapa kegiatan rutin yang telah dilakukan oleh OJK dan TPAKD kota Metro untuk mendukung program KEJAR antara lain, melaksanakan kegiatan edukasi dan literasi Keuangan kepada kalangan pelajar di Metro (OJK goes to School).

Kemudian bersama Industri Jasa Keuangan melakukan kampanye literasi keuangan melalui mobil Sarana Informasi Mobil Literasi dan Edukasi Keuangan (SiMOLEK). Selanjutnya rutin mengadakan rapat koordinasi dalam rangka penguatan dan evaluasi program KEJAR, serta berpartisipasi pelaksanaan kegiatan Launching/peresmian program menabung sejak dini di kota Metro yang telah dilaksanakan bulan Juni 2023. 

Melalui TPAKD perbankan juga didorong untuk berpartisipasi aktif melalui penyediaan akses layanan perbankan dalam rangka mendukung implementasi salah satu program kerja Walikota Metro yaitu menerbitkan Kartu Metro Ceria yang diperuntukkan bagi peserta didik pra sejahtera sebagai bentuk fasilitasi bantuan pendidikan di Kota Metro.

Sebelumnya Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam peringatan Hari Indonesia Menabung 2023 yang digelar bersamaan dengan kegiatan Pramuka Raimuna Nasional XII 2023 menyampaikan untuk mendorong budaya menabung selain mengeluarkan program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar), OJK juga akan bekerja sama dengan Kwarnas Pramuka untuk menyusun revisi Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Penabung dan SKK Cakap Keuangan sebagai kelanjutan dari SKK Penabung.

Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi mengatakan dari total pelajar di Indonesia sekitar 80 persen atau 52 juta pelajar sudah memiliki rekening tabungan di bank, dengan total tabungan sekitar Rp29 triliun.Dalam periode satu tahun sejak perayaan Hari Indonesia Menabung 2022 lalu hingga saat ini sudah ada tambahan 2,6 juta rekening dengan total angka tabungan Rp4 triliun.

Selama satu tahun sejak perayaan Hari Indonesia Menabung 2022, telah dilakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi sebanyak 51.975 kepada pelajar di 9.815 satuan pendidikan yang melibatkan perangkat sekolah, pemerintah daerah, dan perbankan.

Sementara itu, untuk periode KREASI BANGKIT (Juli s.d. Agustus 2023) tercatat pembukaan rekening pelajar sebanyak 653.814 rekening dengan jumlah kegiatan edukasi keuangan dan sosialisasi sebanyak 7.595 kegiatan dengan melibatkan 2.724 satuan pendidikan.

KEJAR Award sebagai wujud apresiasi bagi bank peserta, satuan pendidikan, dan wilayah yang telah berpartisipasi aktif serta berkontribusi dalam memberikan dampak positif mendukung implementasi budaya menabung khususnya melalui Program KEJAR.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS