Berikut 10 Rekomendasi Aplikasi untuk Belajar Bahasa Korea

Yunike Purnama - Selasa, 22 Agustus 2023 09:24
Berikut 10 Rekomendasi Aplikasi untuk Belajar Bahasa Korea Adanya kemajuan teknologi memudahkan setiap orang untuk melakukan ssegala sesuatu. Seperti halnya aplikasi belajar Bahasa Korea yang mana dapat Anda akses secara gratis maupun berbayar. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Adanya kemajuan teknologi memudahkan setiap orang untuk melakukan ssegala sesuatu. Seperti halnya aplikasi belajar Bahasa Korea yang mana dapat Anda akses secara gratis maupun berbayar. Anda bisa belajar bahasa Korea menggunakan aplikasi pembelajaran bahasa Korea jika Anda tidak suka membaca buku.

Ada bermacam-macam aplikasi belajar bahasa Korea yang fungsional dan gratis—tersedia untuk kedua platform. Dengan menggunakan aplikasi belajar ini, Anda dapat belajar di mana saja dan kapan saja. Berikut adalah beberapa aplikasi untuk belajar Bahasa Korea.

LingoDeer

Dilansir dari Korea Travel Post, Senin 21 Agustus 2023, LingoDeer adalah salah satu aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Korea. Aplikasi ini lebih berfokus pada bahasa-bahasa Asia, termasuk Korea, Jepang, China, dan Vietnam. 

LingoDeer memiliki pendekatan belajar yang inovatif dan menyenangkan yang akan membuat Anda berbicara sejak hari pertama dan membangun kemampuan berbicara secara lancar.

Pelajaran dimulai dengan sederhana dan mengikuti pendekatan bertahap. Anda akan dapat merasakan peningkatan dan perkembangan secara intuitif. Berbeda dengan banyak aplikasi lain, pelajaran ini secara alami mengintegrasikan kosakata, kalimat, dan budaya.

Drops: Learn Korean

Drops adalah sebuah aplikasi populer untuk belajar berbagai bahasa, termasuk bahasa Korea. Aplikasi ini lebih fokus pada pembelajaran kosakata dan frasa daripada topik lain seperti tata bahasa.

Aplikasi ini berjalan dengan cepat, mencakup berbagai fitur seperti permainan dan kuis, dan memberikan latihan mental yang cukup baik. Versi gratisnya membatasi Anda untuk belajar selama lima menit per hari. Anda dapat berlangganan untuk memperpanjang batasan waktu tersebut.

Duolingo

Salah satu aplikasi pembelajaran bahasa paling populer di Google Play. Aplikasi ini mendukung banyak bahasa, termasuk bahasa Korea. Duolingo mengambil pendekatan yang sederhana dalam pembelajaran bahasa.

Anda secara perlahan membangun berbagai kosakata dan frasa. Seiring waktu, hal-hal tersebut saling terhubung, dan Anda belajar bahasa Korea. Pendekatan ini terlihat cukup dapat diterima. Duolingo juga mengklaim bahwa 34 jam penggunaan aplikasinya setara dengan satu semester pendidikan tingkat universitas.

Memrise

Memrise adalah sistem kartu kognitif yang kuat dan cerdas untuk mempelajari bahasa baru. Pengguna diberi kesempatan untuk menyusun sendiri kelompok kosakata mereka. Aplikasi ini menjalani unit-unit kosakata melalui permainan campuran, kuis pendengaran, tantangan ejaan, dan petunjuk definisi sehingga kata tersebut tertanam di setiap bagian otak Anda. 

Aplikasi ini juga mencakup elemen sosial yang memungkinkan Anda berbicara dalam bahasa yang ingin Anda pelajari dengan penduduk lokal.

HelloTalk

HelloTalk adalah aplikasi pembelajaran bahasa yang bersifat sosial. Anda berpasangan dengan individu lain dan belajar bahasa dan budaya mereka. Sebagai contoh, jika Anda fasih berbicara dalam bahasa Inggris tetapi ingin belajar bahasa Korea, Anda akan dihubungkan dengan seseorang yang fasih berbahasa Korea dan ingin belajar bahasa Inggris.

Aplikasi ini mencakup panggilan audio, panggilan video, dan pesan dalam berbagai bentuk, dan Anda bahkan dapat memilih topik pembicaraan secara selektif. Ini mirip dengan versi modern dari program pen-pal zaman dulu.

Korean Phrases & Words

Anda dapat mempelajari frasa dan kata-kata dalam bahasa Korea dari burung beo yang merupakan penutur asli bahasa Korea. Burung beo bekerja sama dengan Anda untuk berlatih keterampilan berbicara dan mendengar Anda di mana pun dan kapan pun Anda berada. Kata-kata umum diatur dalam kategori-kategori seperti Romansa dan Belanja.

Untuk setiap kosakata, Anda diberikan ejaan Hangul/Romanisasi biasa dan klip audio. Anda dapat mendengarkan audio pada kecepatan yang lebih lambat atau merekam suara Anda untuk dibandingkan. Anda bahkan dapat menggunakannya sebagai aplikasi teman perjalanan.

KORLINK Talk to Me in Korean (TTMIK)

Pelajaran tata bahasa dari Talk to Me in Korean (TTMIK) merupakan titik awal yang bagus bagi mereka yang ingin belajar atau meningkatkan kemampuan bahasa Korea. Untuk pemula dapat memulai dengan pelajaran tata bahasa, membangun pengetahuan kosakata, frasa, dan aturan tata bahasa seiring mereka naik level.

Materi untuk pengguna tingkat menengah hingga mahir juga tersedia, membantu Anda meningkatkan kemampuan bahasa Korea Anda terlepas dari tingkat Anda. Aplikasi ini juga mencakup pengenalan Hangeul, referensi, dan latihan keyboard untuk membantu Anda saat memulai.

Mondly

Mondly adalah aplikasi populer, berpengaruh, dan terbaik lainnya untuk belajar bahasa baru dengan berbagai bahasa, termasuk Korea. Aplikasi ini meninggalkan metode pembelajaran bahasa tradisional. Sebaliknya, ia langsung masuk dan mengajarkan Anda bahasa Korea percakapan. 

Anda mempelajari gagasan inti dan berkembang dari situ. Aplikasi ini juga menampilkan pelafalan audio, kuis, berbagai pelajaran, pembelajaran frasa, konjugasi kata kerja, dan berbagai hal berguna lainnya.

TenguGo Hangul

TenguGo Hangul mengajarkan Anda sejarah dan struktur Hangul, kemudian memungkinkan Anda belajar Hangul dengan kecepatan Anda sendiri menggunakan pelajaran yang mudah dinavigasi, kuis, dan kartu belajar. 

Ini adalah aplikasi khusus untuk pemula yang mengilustrasikan pelafalan alfabet Korea melalui audio dan demonstrasi animasi posisi mulut dan lidah. Aplikasi ini mencakup tabel vokal dan konsonan serta instruksi untuk membaca dan menulis dalam bahasa Korea.

Dongsa

Dongsa adalah alat yang fantastis untuk membantu Anda belajar kata kerja dalam bahasa Korea. Aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Korea ini mengajarkan semua jenis konjugasi kata kerja dalam bahasa Korea, dan juga dapat membantu meningkatkan keterampilan menulis bahasa Korea Anda. 

‘Dongsa’ berarti ‘kata kerja’ dalam bahasa Korea, dan itulah yang menjadi fokus aplikasi ini. Ini adalah aplikasi yang berguna jika Anda ingin mempelajari alfabet Korea.

Itulah 10 aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk belajar bahasa Korea. Anda dapat menggunakannya di mana saja dan kapan saja dengan mudah.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS