Langganan Banjir Rob, Warga Minta Pemkot Bandar Lampung Bangunkan Tanggul

Eva Pardiana - Selasa, 31 Mei 2022 15:52
Langganan Banjir Rob, Warga Minta Pemkot Bandar Lampung Bangunkan TanggulBanjir rob kerap terjadi di Pulau Pasaran, Jalan Teluk Bone, Kelurahan Kota Karang, Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung. (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Warga Pulau Pasaran, Jalan Teluk Bone, Kelurahan Kota Karang, Kecamatan Telukbetung Timur,  Bandar Lampung, berharap pemerintah membangun tanggul untuk mengatasi banjir rob yang sering terjadi di daerahnya.

Ketua RT 09 Lingkungan II Said mengatakan Pulau Pasaran menjadi daerah langganan banjir rob yang kini hampir terjadi tiap bulan. Padahal, sebelumnya banjir rob di wilayah ini hanya terjadi setahun sekali atau masih hitungan jari.

"Kami diberitahu terkait informasi akan kembali terjadi banjir rob dari BMKG dan itu sangat membantu kami," ungkap Said, Selasa, 31 Mei 2022.

Lebih lanjut ia menuturkan, meskipun telah terbiasa dengan terjadinya banjir rob. Namun, warga tetap berharap adanya pembangunan tanggul.

"Banjir rob itu bisa sampai 70-80 cm, meski sudah sering terjadi, tanggul jadi harapan kami semua agar sampah juga tidak naik ke daratan saat banjir," harapnya.

Selain bisa mengatasi persoalan banjir yang terus-menerus terjadi, menurut Said, pembangunan tanggul bisa mempercantik citra Pulau Pasaran sebagai sentra produksi ikan teri di Kota Bandar Lampung.

"Pulau Pasaran kan terkenal akan ikan asinnya. Jadi, kalau terus-terusan banjir rob, citranya buruk. Harapannya kami di sini tanggul bisa segera dibangun saja," pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Panjang menginformasikan kepada warga yang tinggal di pesisir Bandar Lampung dan sekitarnya untuk waspada terjadinya banjir rob.

Forecaster BMKG Stasiun Maritim Panjang, Suci Eka dalam keterangannya mengatakan banjir rob akan terjadi pada 31 Mei hingga 3 Juni 2022.

Adapun rinciannya sebagai berikut:

  • Tanggal 31 Mei pukul 08.00 WIB pasang maksimum 1,5 meter.
  • Tanggal 1 Juni pukul 08.00 WIB pasang maksimum 1,5 meter.
  • Tanggal 2 Juni pukul 08.00 WIB pasang maksimum 1,5 meter.
  • Tanggal 3 Juni pukul 09.00 WIB pasang maksimum 1,5 meter. (IQB)

RELATED NEWS