Bawang Merah Tembus Rp45 Ribu per Kg, Ini Kata Dinas Pangan Bandar Lampung

Eva Pardiana - Selasa, 31 Mei 2022 15:43
Bawang Merah Tembus Rp45 Ribu per Kg, Ini Kata Dinas Pangan Bandar LampungKepala Dinas Pangan Kota Bandar Lampung I Kadek Sumartha (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Harga bawang merah di Kota Bandar Lampung hingga saat ini tidak kunjung turun, hal ini disebabkan oleh faktor panen raya dan cuaca.

Harga bawang merah di pasar tradisional Kota Bandar Lampung saat ini berkisar Rp40.000 hingga Rp45.000 per kilogram, padahal sebelumnya kisaran Rp25.000 per kilogram.

Kepala Dinas Pangan Kota Bandar Lampung I Kadek Sumartha mengatakan kenaikan harga bawang merah disebabkan karena faktor panen raya dan faktor cuaca.

"Kalau khusus bawang, sebenarnya itu karena panen raya, itu pertama, karena semua kita ngambil dari luar, ada yang dari Brebes, dari Padang, Bima, dan lain-lain. Dan yang kedua gangguan karena distribusi semisal banjir, bukan distribusi di perjalanan, karena memang cuaca untuk sekarang kan tidak mendukung, sehingga bawang merah ada kenaikan, jadi karena dua hal tersebut," ujar I Kadek Sumartha, Selasa, 31 Mei 2022.

Kadek menegaskan untuk ketersediaan bawang merah cukup melimpah. Ia berharap harga bisa segera turun. "Mudah-mudahan, ini kan mau panen sekitar awal Juni dan semoga sih bisa turun," pungkasnya. (IQB)

RELATED NEWS