Lampung Terima Bantuan Oksigen Cair dari PT Pusri dan PT OKI Pulp & Paper

Eva Pardiana - Kamis, 29 Juli 2021 21:17
Lampung Terima Bantuan Oksigen Cair dari PT Pusri dan PT OKI Pulp & PaperGubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menerima bantuan oksigen cair dari PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dan PT OKI Pulp & Paper Sinarmas di halaman Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek, Kamis (29/7/2021). (sumber: Adpim Pemprov Lampung)

Kabarsigerc.com, Bandarlampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima bantuan liquid oksigen atau oksigen cair berkapasitas 12,3 ton yang merupakan corporate social responsibility (CSR) PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) dan PT OKI Pulp & Paper Sinarmas.

Bantuan oksigen diterima langsung oleh Arinal dari Direktur Utama PT Pusri Tri Wahyudi Saleh di halaman Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), Kamis (29/7/2021). 

Liquid oksigen ini nantinya akan didistribusikan ke beberapa rumah sakit di Kota Bandarlampung yakni RSUDAM, Rumah Sakit Urip Sumoharjo, Rumah Sakit Bumi Waras dan Rumah Sakit Advent.

Selanjutnya, rumah sakit di Kota Metro yakni Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro dan Rumah Sakit Mardi Waluyo. Serta rumah sakit Yukum Medical Centre di Kabupaten Lampung Tengah. 

"Alhamdulillah hari ini mendapat bantuan oksigen, ini berkat upaya dari teman-teman kita bersama PT Pusri dan PT OKI Pulp & Paper Sinarmas yang bersama-sama membantu," ujar Arinal. 

Arinal mengatakan bantuan oksigen ini akan dilakukan secara berkelanjutan. "Sehingga apa yang kita harapkan selama ini rumah sakit negeri maupun swasta di Lampung bisa terpenuhi," katanya. 

Arinal mengatakan selain oksigen, pemerintah daerah juga akan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi. Untuk itu ia telah mengusulkannya ke Kementerian BUMN.

Menurutnya, dari 14 juta dosis yang dibutuhkan Lampung, baru terealisasi 1,2 juta dosis. 

"Saya sudah menyampaikan kepada pihak BUMN yang hari ini hadir di sini agar bisa dibantu bagaimana caranya, saya juga sudah menyampaikan kepada Menko Perekonomian," katanya. 

Direktur Utama PT Pusri Tri Wahyudi Saleh mengatakan PT Pusri berkolaborasi dengan PT OKI Pulp & Paper Sinarmas dalam upaya pemenuhan oksigen. 

"Persoalannya kita kesulitan armada tangki ISO, tetapi alhamdulillah kami bisa berusaha bersama Gubernur Lampung dan Gubernur Sumatera Selatan untuk mengupayakan adanya tangki ISO ini," ujar Wahyudi.

Mewakili Kementerian BUMN, Fathema Djan Rachmat mengatakan segera akan melaporkan permintaan Lampung terkait penambahan vaksinasi.

"Bapak Gubernur terus mengupayakan agar vaksinasi di Lampung terus ditingkatkan dan saya akan melaporkan ini kepada Menteri BUMN dan Kementerian Kesehatan," ujar Fathema. 

Fathema menyebutkan pihaknya juga akan membantu 200 tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) yang akan ditempatkan di Asrama Haji Lampung sebagai lokasi antisipasi ruang isolasi di Lampung. 

"Akan kita bangun dalam 10 hari kedepan. 200 tempat tidur itu terdiri dari ruangan ICU dan HCU untuk penderita Covid-19 sedang, berat dan kritikal termasuk juga akan merawat yang ringan," katanya. 

"Mudah-mudahan upaya yang dilakukan oleh Bapak Gubernur bersama Kementerian BUMN akan meningkatkan ketahanan Lampung terhadap pengendalian Covid-19," imbuh Fathema. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS