Kurang Paham PPDB Online dan Kendala Jaringan, Orang Tua Siswa Pilih Daftar Offline

Eva Pardiana - Senin, 04 Juli 2022 15:17
Kurang Paham PPDB Online dan Kendala Jaringan, Orang Tua Siswa Pilih Daftar OfflinePanitia PPDB SMPN 4 Bandar Lampung saat melayani orang tua calon peserta didik, Senin 4 Juli 2022. (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SD dan SMP di Kota Bandar Lampung dimulai hari ini, Senin 4 Juli 2022. Meski digelar secara online, masih banyak orang tua yang memilih mendaftar langsung ke sekolah karena tidak memahami mekanisme pendaftaran online dan kendala jaringan.

Imam salah satu orang tua calon peserta didik mengaku lebih memilih melakukan pendaftaran secara offline karena dinilai lebih mudah, cukup dengan membawa berkas persyaratan, serta tidak khawatir terjadi kesalahan.

Selain itu Imam mengaku kerap terkendala oleh jaringan, serta kurang memahami sistem pendaftaran melalui aplikasi. "Lebih enak offline daftarnya dibandingkan dengan online," ujar Imam, Senin 4 Juli 2022.

Pada hari pertama PPDB hingga tiga hari ke depan, pihak sekolah membuka penerimaan jalur bina lingkungan (Biling); afiliasi; perpindahan orang tua guru tenaga pendidik; dan prestasi.

Sahala Sitompul, Wakil Kepala Sarpras dan Humas SMPN 4 Bandar Lampung, mengatakan pihaknya menyediakan dua pilihan pendaftaran, dimana orang tua bisa melakukan pendaftaran secara offline dengan datang langsung ke sekolah atau online melalui gadget.

Sementara untuk mengatasi kendala yang dihadapi orang tua calon peserta didik, pihak sekolah telah menyediakan staf dan empat ruangan khusus untuk membantu orang tua yang kesulitan melakukan pendaftaran secara online maupun offline.

"Kami juga mengimbau kepada wali murid yang menemukan kesulitan, bisa langsung datang ke sekolah untuk bisa di selesaikan," pungkasnya. (IQB)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS