Kinestetik, Visual atau Auditori, Mana Gaya Belajarmu?

Yunike Purnama - Jumat, 28 Juli 2023 15:40
Kinestetik, Visual atau Auditori, Mana Gaya Belajarmu?Gaya belajar adalah metode belajar yang paling efektif untuk seseorang. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Gaya belajar adalah metode belajar yang paling efektif untuk seseorang. Baik untuk menyerap informasi baru maupun untuk mempelajari keterampilan baru. 

Gaya belajar bukanlah ukuran kemampuan atau kecerdasan seseorang melainkan hanya preferensi yang tepat untuk seseorang dibandingkan yang lain. 

Robert Sternberg dan Paul Ginnis, psikolog asal Amerika mengkategorikan gaya belajar menjadi tiga.

1. Gaya Belajar Kinestetik

Seseorang dengan gaya kinestetik lebih mudah memahami informasi baru ketika belajar melalui gerakan. Mereka biasanya sering terlihat gelisah karena kebutuhan mereka adalah untuk terus menerus bergerak. 

Contohnya adalah seseorang yang mengetukkan kaki saat berpikir, atau sering menggunakan bahasa tubuh saat berbicara. 

Seseorang dengan gaya belajar kinestetik mudah memahami sesuatu ketika mempraktekkan langsung. Alhasil, mereka kurang bisa menghafal dan mengalami kesulitan dengan mengeja. 

Saran teknik belajar yang bisa dilakukan untuk seseorang dengan gaya belajar ini adalah melalui role play, simulasi, dan eksperimen. 

2. Gaya Belajar Visual 

Pembelajar visual perlu melihat apa yang diajarkan. Mereka mahir dalam menghafal diagram, bagan, dan gambar. Mereka juga cenderung memvisualisasikan bahkan konsep abstrak untuk memahami informasi. 

Pembelajar visual cenderung melamun selama percakapan karena pikiran mereka mengimajinasikan informasi. 

Saran teknik belajar yang bisa dilakukan untuk seseorang dengan gaya belajar ini adalah melalui kartu flash, diagram, foto, bagan, catatan, atau mind map.

3. Gaya Belajar Auditori 

Seseorang dengan gaya belajar auditori lebih mudah menangkap dan memahami informasi melalui mendengarkan. Pembelajar ini biasanya menyukai percakapan dan tidak suka kesunyian. 

Pembelajar auditori lebih suka bekerja atau belajar sambil mendengarkan musik. Background kebisingan membantu mereka fokus dan berkonsentrasi. 

Saran teknik belajar yang bisa dilakukan untuk seseorang dengan gaya belajar ini adalah melalui video atau podcast, membacakan informasi dengan keras, menggunakan lagu, diskusi kelompok, atau asosiasi kata. 

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai tiga jenis gaya belajar. Mana yang paling tepat untuk Anda?(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS