Kick Off Liga 3 Regional Lampung Dijadwalkan 28 Januari 2023

Yunike Purnama - Selasa, 17 Januari 2023 15:22
Kick Off Liga 3 Regional Lampung Dijadwalkan 28 Januari 2023Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Lampung Edy Samsu. (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG - Kick off kompetisi Liga 3 Regional Lampung akan dimulai pada tanggal 28 Januari - 4 Febuari 2023 mendatang.

Sebelumnya kick off Liga 3 regional Lampung sendiri direncanakan akan dimulai 26 Desember 2022 lalu.

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Lampung Edy Samsu menyampaikan, sesuai dengan keputusan PSSI yang terbaru, bahwa Liga 1 tetap jalan meski tanpa degradasi, liga 2 dihentikan, dan liga 3 otomatis juga dihentikan.

"Saya tidak mau batal artinya meneruskan keputusan itu, kita rapat Exco dan kita undang klub. Kesimpulan klub semua sepakat Liga 3 Provinsi Lampung tetap lanjut," katanya saat ditemui pada Selasa, 17 Januari 2023.

Eddy menyampaikan kick off Liga 3 Provinsi Lampung akan dimulai pada 28 Januari sampai 4 Februari 2023 di Stadion Sumpah Pemuda PKOR.

"Sesuai dengan penjelasan PSSI, yang sudah melaksanakan Liga 3 juaranya akan tetap diakui untuk ikut Liga 3 nasional," terangnya.

Teknis pelaksanaan yang akan dilaksanakan di Stadion Sumpah Pemuda PKOR, ia menyampaikan pertandingan dihelat tanpa penonton.

Hal itu buntut tragedi Kanjuruhan dan sesuai Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 10/2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Perpol tersebut mengatur pengamanan maupun mekanisme penanganan anarkis dalam pertandingan sepak bola, baik di dalam maupun luar stadion.

"Karena itulah satu-satunya lapangan yang memenuhi standar dan nanti suporter itu tidak diperbolehkan, kita juga ada pakta integritas jika setiap klub tidak boleh bawa suporter," pungkasnya.

Liga 3 Provinsi Lampung sendiri diikuti oleh 8 tim dan dibagi dalam 2 grup, grup A dan grup B. Yang mana setiap grup berisikan 4 tim dengan sistem juara 1 di Liga 3 Lampung dapat melanggeng ke Liga 3 Nasional.

Grup A terdiri dari; PUTRAD PB FC, HARNAS 31GROUP FC, PUTRA BARUNA PANJANG, dan PSBL LAMPUNG.

Sedangkan grup B diisi oleh tim KRESNA FC, PERSIKOMET, GARUDA LAMPUNG CITY FC, dan GARUDA MAS CENTRA.

Eddy juga mengungkapkan pelaksanaan secara teknis sudah siap dan diizinkan oleh pihak Polda Lampung dan akan segera dilaksanakan di stadion Sumpah Pemuda PKOR.

"Izin sudah selesai dan kita kick off liga 3 zona Provinsi Lampung tanggal 28 Januari sampai 4 Februari diikuti 8 klub," jelasnya.

Ia berharap bergulirnya Liga 3 Provinsi Lampung ini dapat mencetak pemain berkualitas untuk unjuk gigi di ajang PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024.

"Kita pengin sepakbola Lampung berbicara minimal di PON yang selama ini Lampung absen dalam PON cabang sepak bola," pungkasnya. (IQB)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS