Kiat Mudah Perkuat Brand Awarness Bisnismu

Yunike Purnama - Jumat, 18 Maret 2022 09:30
Kiat Mudah Perkuat Brand Awarness BisnismuIlustrasi (sumber: Pexels)

BANDARLAMPUNG - Brand awareness atau kesadaran produk menjadi strategi penting untuk meningkatkan penjualan. Brand awareness adalah istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat pengakuan konsumen terhadap suatu produk dengan namanya.

Mempromosikan produk baru atau menghidupkan kembali merek yang lama adalah langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan kesadaran merek. Idealnya, kesadaran merek itu dapat mencakup kualitas yang membedakan produk dari para pesaingnya.

Produk dan layanan yang mempertahankan tingkat kesadaran merek yang tinggi cenderung menghasilkan lebih banyak penjualan. Pasalnya, konsumen lebih banyak yang membeli produk dari merek yang terkenal daripada yang tak mereka ketahui.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut berbagai langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan brand awareness produk.

1. Promosi offline

Promosi jenis ini memang telah dianggap usang oleh beberapa perusahaan besar. Meski begitu, promo offline melalui baliho, flyer, ataupun poster masih memberikan dampak yang cukup signifikan. Bahkan untuk startup, cara-cara offline masih bisa memberikan dampak yang cukup baik walaupun dengan media yang berbeda.

Pemasangan video iklan di perempatan adalah salah satu bentuk promosi offline yang sudah menggunakan media terbaru. Semakin sering video diputar, semakin familiar juga para konsumen dengan produkmu.

2. Promosi online

Ada beragam cara dalam melakukan promosi digital atau promosi online, mulai dari yang tidak membutuhkan biaya sama sekali hingga berbiaya mahal yang sudah dijalankan secara otomatis. Dengan beragamnya cara yang bisa ditempuh, promosi digital atau lebih populer dengan sebutan digital marketing harus memiliki tujuan yang spesifik dalam peningkatan brand awareness, seperti perluasan pasar atau penyampaian kampanye.

3. Gunakan bahasa yang engaging

Pemilihan kata dan kalimat dalam sebuah promosi sangatlah memengaruhi dalam keberhasilan peningkatkan eksposur produk. Itulah kenapa copywriter saat ini sangat diminati oleh para perusahaan.

Semakin sederhana dan menarik kalimat promosi, semakin tinggi pula tingkat eksposur produkmu.

4. Kerja sama dengan influencer

Salah satu bentuk promosi online yang makin kerap digunakan oleh startup atau perusahaan besar untuk meningkatkan awareness dari produk atau brand adalah melakukan kolaborasi dengan influencer. Selain lebih tepat sasaran, influencer dapat pula meningkatkan penjualan produk karena pengikutnya yang cenderung loyal.

5. Sediakan konten menarik

Setiap kanal promosi memiliki karakter tersendiri sehingga berpengaruh pada pembuatan konten. Konten yang menarik dan mudah diartikan oleh konsumen sangatlah bermanfaaat bagi peningkatan eksposur produkmu, seperti penggunaan video, infografik, atau foto. Selain konten yang menarik, kamu juga bisa menyuguhkan berbagai informasi yang relevan.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS