Kiat Cerdas supaya THR Anda Tidak segera Amblas

Eva Pardiana - Sabtu, 30 April 2022 19:48
Kiat Cerdas supaya THR Anda Tidak segera AmblasKaryawan memindahkan tumpukan uang rupiah di cash pooling Bank Mandiri, Jakarta, Jum'at, 21 Januari 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (sumber: trenasia.com)

MOMEN Ramadan dan Lebaran memang menjadi saat yang dinanti-nantikan. Kita bisa berkumpul bersama keluarga besar dan juga sahabat menjelang buka puasa dan hari Lebaran nanti. 

Tapi, apakah Anda sadaa, ternyata memasuki Ramadan ada saja pengeluaran yang seharusnya tidak ada menjadi ada, misalnya untuk membeli takjil menjelang buka puasa, selalu buka puasa bersama keluarga, dan teman, ditambah lagi membeli hampers untuk diberikan ke keluarga saat mudik nanti. 

Kalau tidak bisa mengatur pengeluaran tersebut, keuangan Anda bisa menjadi tidak sehat. Apalagi, ketika kamu mendapatkan THR dan semua THR Anda dipakai untuk belanja buat Lebaran tanpa menyisihkannya buat investasi.

Executive Vice President, Wealth Management Head PT Bank OCBC NISP Tbk. , Juky Mariska membagikan sejumlah tips untuk mengatur keuangan saat Ramadan seperti berikut ini. 

1. Selalu Bikin Budgeting Ketika Anda Mendapatkan Pendapatan

Agar tidak boros, Anda harus selalu membuat budgeting, berisi berapa persen yang harus Anda keluarkan. Misalnya alokasi gaji, Anda bisa mengeluarkan 20% dari gaji untuk investasi, 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan misalnya self reward, buka puasa bersama.

Anda juga bisa menerapkan hal yang sama ketika Anda mendapatkan THR. Misalnya dari THR Anda, Anda mengeluarkan 20% untuk investasi, 20% untuk keluarga, 30% untuk kebutuhan Lebaran, 10% untuk dana darurat dan 20% untuk sedekah. Dengan budgeting seperti itu, Anda jadi bisa mengatur keuangan Anda deh dan enggak jadi bangkrut!

2. Jika Harus Mengeluarkan Uang untuk Hampers, Sesuaikan dengan Bujet

Ramadan memang tidak bisa lepas dari namanya hampers. Jika Anda ingin membeli hampers untuk orang terkasih, Anda harus sesuaikan dengan bujet dan jangan sampai Anda membeli hampers di atas bujet Anda, karena tentunya bisa jadi pemborosan! 

Apalagi, Anda harus membeli banyak hampers dan hal itu akan semakin menyulitkan Anda untuk mengatur keuangan kedepannya dan menyisihkan untuk keperluan lain karena habis untuk membeli hampers saja. 

3. THR Bukan Rejeki Nomplok, Kamu Harus Mulai Investasi 

THR itu bukan rejeki nomplok yang tiba-tiba dateng. Walaupun Anda mendapatkan THR untuk merayakan Lebaran, Anda juga harus bisa mengatur THR Anda dan menyisihkannya untuk investasi. 

Kalau Anda masih takut untuk investasi di saham yang resikonya besar Anda bisa mulai investasi di reksa dana, yang resikonya tergolong kecil. 

Dengan begitu, THR yang Anda dapat enggak langsung hbis dan tentunya Anda bisa mulai berinvestasi. (*) 

Editor: Eva Pardiana
Tags #lebaranTHRBagikan

RELATED NEWS