Kesempatan Bulan Ramadan, Inilah Cara Jitu Diet Sambil Puasa

Yunike Purnama - Senin, 27 Maret 2023 08:35
Kesempatan Bulan Ramadan, Inilah Cara Jitu Diet Sambil PuasaCatat, 8 Hal Ini Dapat Batalkan Puasa Ramadan (sumber: ilustrasi puasa/TrenAsia )

BANDARLAMPUNG - Ibadah puasa yang dilakukan di bulan Ramadan sejatinya menahan segala hawa nafsu, termasuk hasrat untuk makan dan minum selama beberapa jam. Namun, beberapa diantara umat muslim, ibadah puasa malah menaikkan berat badan mereka secara signifikan.

Biasanya, kenaikan berat badan dipicu oleh beberapa penyebab. Salah satunya adalah tidak memperhatikan asupan makanan saat sedang berpuasa. Padahal sebetulnya, berpuasa bisa menjadi momen yang tepat bagi Anda untuk menurunkan berat badan.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa menurunkan berat badan ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Tentu saja, sembari memperhatikan asupan gizi agar tubuh tetap fit menjalankan ibadah puasa.

Mengutip sejumlah sumber, ini tips yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan sehat sembari menjalankan ibadah puasa.

1. Kurangi konsumsi gula

Berbuka dengan yang manis menjadi slogan tersendiri saat berbuka puasa. Tujuan berbuka puasa dengan makanan manis bertujuan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan memulihkan energi pada saat berpuasa.

Namun perlu Anda ingat, batasi asupan gula yang dikonsumsi. Pasalnya terlalu banyak makan-makanan atau minuman manis justru akan mengubah glukosa menjadi sebagai lemak oleh tubuh. Inilah yang kemudian menaikkan berat.

Saat berpuasa, sebaiknya pilihlah makanan berkarbohidrat kompleks untuk menambah energi setelah berpuasa, seperti buah, sayur, dan nasi merah.

2. Hindari makan berlebihan

Cara kedua untuk mengurangi berat badan saat berpuasa adalah tak makan berlebihan saat berbuka atau sahur. Kebiasaan orang saat berbuka, ada keinginan untuk makan banyak setelah menahan lapar seharian.

Meski tak makan atau minum dalam beberapa jam, itu bukan berarti Anda bisa balas dendam saat berbuka. Selain rawan tersedak, Makan dengan porsi berlebihan bisa meningkatkan gula secara drastis.

Padahal saat berpuasa, tubuh tidak memproduksi banyak insulin seperti saat Anda tak berpuasa. Alhasil, kelebihan gula pun akan diubah menjadi lemak di dalam tubuh.

3. Perbanyak air putih

Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa dengan meminum 8 gelas air per hari. Agar tak kembung Anda bisa  mengkonsumsi dua gelas saat sahur, dua gelas ketika berbuka puasa, dua gelas setelah salat Tarawih, dan dua gelas sebelum tidur.

Berdasarkan penelitian yang tertulis dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30 persen. Ini baik untuk menurunkan berat badan. Semakin cepat metabolisme tubuh kamu bekerja, semakin banyak lemak dan kalori yang bisa dibakar oleh tubuh.

4. Hindari gorengan

Gorengan jadi salah satu menu berbuka favorit. Selain mudah didapat, gorengan juga dibanderol dengan harga relatif murah.

Namun, menu ini rupanya tak direkomendasikan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan saat puasa. Pasalnya, makanan yang digoreng biasanya kaya dengan lemak jahat (lemak jenuh). Alhasil, Anda bisa mengalami kenaikan berat badan.

5. Perbanyak konsumsi serat dan protein

Hal lain yang harus Anda lakukan untuk menurunkan berat badan saat puasa adalah memperbanyak konsumsi serat dan protein.

Sebagaimana diketahui, makanan berserat dan berprotein tinggi akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak mudah cepat lapar dan bisa tahan berpuasa sepanjang hari.

Makanan yang tinggi serat dan protein juga membantu menekan nafsu makan. Alhasil  ketika waktu berbuka puasa tiba, Anda tidak kalap dan makan secara berlebihan.

6. Perhatikan jam tidur

Saat ingin menurunkan berat badan sembari puasa, satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah waktu tidur. Upayakan waktu tidur Anda cukup.

Saat Anda kurang tidur ketika sedang berpuasa, maka bisa jadi sistem metabolisme anda akan kacau. Alhasil, lemak tubuh yang tertimbun tak bisa dibakar secara efektif.

Selain itu, kurang tidur bisa meningkatkan kadar hormon ghrelin yang menyebabkan nafsu makan bertambah. Inilah yang jadi pemicu Anda jadi kalap dan makan terlalu banyak saat berbuka puasa.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS