Kesehatan Mental Bebani Perusahaan sampai Rp133 Kuadriliun Per Tahun, Kok Bisa?

Yunike Purnama - Senin, 09 Oktober 2023 15:50
Kesehatan Mental Bebani Perusahaan sampai Rp133 Kuadriliun Per Tahun, Kok Bisa?Kondisi kesehatan mental menyebabkan perusahaan-perusahaan di Inggris kehilangan hari kerja yang jika diakumulasikan senilai sebesar 7 miliar poundsterling atau setara Rp133,68 kuadriliun (kurs Rp19.096 per Poundsterling). (sumber: Freepik)

INGGRIS - Kondisi kesehatan mental menyebabkan perusahaan-perusahaan di Inggris kehilangan hari kerja yang jika diakumulasikan senilai sebesar 7 miliar poundsterling atau setara Rp133,68 kuadriliun (kurs Rp19.096 per Poundsterling).

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh GoodShape, seorang penasehat kesehatan dan kesejahteraan karyawan mengatakan kerugian akibat ketidakhadiran staf selama 20 hari atau lebih karena kesehatan mental yang buruk hampir sama besarnya dengan kerugian jangka panjang yang diakibatkan oleh masalah muskuloskeletal, pembedahan, dan kanker. Penyakit-penyakit tersebut menyebabkan kerugian bagi pemberi kerja sebesar 7,6 miliar poundsterling.

Dikutip dari Bloomberg pada Jum’at, 6 Oktober 2023, studi ini menggarisbawahi skala krisis kesehatan mental yang melanda Inggris. Selain meningkatnya jumlah pekerja di tempat kerja, terdapat 2,6 juta orang yang kehilangan pekerjaan karena penyakit jangka panjang. Diantara kelompok tersebut, masalah kesehatan mental merupakan faktor terbesar.

Penyakit jangka panjang telah mencapai rekor tertinggi di Inggris, berkontribusi terhadap kekurangan lapangan kerja yang meningkatkan inflasi. Klaim tunjangan juga melonjak karena masyarakat beralih ke kesejahteraan yang berhubungan dengan kesehatan dibandingkan tunjangan pengangguran yang lebih rendah, sehingga menambah tekanan pada keuangan publik.

GoodShape meneliti secara khusus penyakit jangka panjang karena penyakit ini menyebabkan separuh dari seluruh hari yang hilang, namun hanya 5% dari kasus individual. Ditemukan bahwa masalahnya semakin buruk.

Rata-rata waktu cuti karena sakit jangka panjang telah meningkat dari 59 menjadi 62 hari dalam 12 bulan terakhir. Secara total, 147 juta hari kerja hilang pada tahun ini hingga bulan Agustus, yang merugikan perusahaan sebesar £21 miliar, kata GoodShape.

Pemerintah telah memulai tindakan keras dalam upaya mengembalikan masyarakat bekerja dan mengurangi kesejahteraan. Pemerintah mengubah pengaturan surat sakit yang dikeluarkan oleh dokter dan juga meluncurkan konsultasi mengenai kesehatan kerja.

Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan bahwa begitu banyak orang dalam usia kerja tidak memiliki pekerjaan dan 65% orang yang mengikuti penilaian tunjangan dinyatakan tidak layak untuk bekerja adalah sebuah “skandal nasional” naik dari satu dari lima pada tahun 2011.

Sementara itu sekretaris pekerjaan dan pensiun Mel Stride mengatakan orang-orang “terlalu mudah mengidentifikasi” sebagai menderita kondisi kesehatan mental dan bahwa pelabelan meningkatkan jumlah orang yang sakit jangka panjang.

Survei GoodShape menemukan bahwa penyakit jangka panjang mengalami pertumbuhan tercepat dalam satu tahun terakhir di sektor ritel dan layanan profesional. Di sektor terakhir, yang mencakup konsultasi dan akuntansi, durasi rata-rata meningkat sebesar 17% menjadi 68,6 hari.

Sektor ritel mengalami peningkatan sebesar 21% dalam jangka waktu cuti sakit menjadi 64,8 hari, pemerintah meningkat sebesar 7% menjadi 65 hari, dan pelayanan kesehatan meningkat sebesar 3% menjadi 58,5 hari.

Alun Baker, CEO GoodShape, berkata: “Bisnis dan pemerintah sangat menyadari bahwa penyakit yang berkepanjangan berdampak buruk pada pertumbuhan ekonomi Inggris.”

Survei GoodShape didasarkan pada database ketidakhadiran di tempat kerja yang mencakup lebih dari 750.000 catatan karyawan di Inggris. Semua ketidakhadiran yang ditanggung berdurasi 20 hari kerja atau lebih.(*)

Editor: Redaksi
Tags Kesehatan mentalBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS