Kenali 5 Level Finansial, Anda Ada di Level Mana?

Eva Pardiana - Selasa, 21 Desember 2021 08:00
Kenali 5 Level Finansial, Anda Ada di Level Mana?Kenali 5 Level Finansial, Anda Ada di Level Mana? (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG – Pengelolaan keuangan merupakan hal yang sangat penting diperhatikan untuk mencapai kebebasan finansial. Namun, untuk mencapai kebabasan finansial ada beberapa level finansial yang perlu Anda lewati. Berikut lima level finansial yang perlu Anda ketahui.

1. Financial Ignorance

Pada level ini menunjukkan seseorang bersikap tak acuh, masa bodo, cuek, tak peduli dengan keuangan pribadinya. Pribadi pada level Financial Ignorance lebih mementingkan pendapatannya tanpa mempertimbangkan perencanaan keuangan ke depannya. 

2. Financial Anxiety

Level keuangan ini adalah saat seseorang mulai merasa cemas dan khawatir walaupun sudah mendapatkan penghasilan tetap. Kekhawatiran pribadi ini biasanya terjadi karena kurangnya pemahaman tentang perencanaa keuangan atau penghasilan yang kurang mencukupi untuk kebutuhan hidupnya.

3. Financial Maturity

Di level Maturity,  seseorang sudah mampu untuk mengambil keputusan yang baik dan tepat dalam hal keuangan. Dengan begitu, pribadi ini cenderung tidak boros dan sudah dapat mengatur keuangannya dengan baik.

4. Financial Pride

Level empat adalah Financial Pride, yaitu seseorang mendapatkan active atau passive income bulanan atau harian yang lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan sebelumnya. Pada level ini, Anda tidak akan merasa khawatir dengan kondisi finansial yang dimiliki karena segala kebutuhan, tagihan, dana darurat, tabungan, sampai investasi sudah terukur dengan jelas. 

5. Financial Welbeing

Di level tertinggi ini, seseorang memiliki penghasilan yang lebih besar dan tidak merasa sedikitpun kesulitan dalam memenuhi kebutuhan di masa kini maupun masa depan. Pribadi dalam level ini telah mengelola keuangannya tanpa merasa kesulitan sehingga pos pengeluaran kehidupan masa kini maupun masa depannya, seperti dana darurat dan asuransi telah terpenuhi. Tabungan, investasi, hingga dana pensiun pun telah disiapkan dengan paripurna.

Jadi, Anda di level finansial yang mana?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Azura Azka Syavira pada 21 Dec 2021 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS