Kecelakaan Kereta Batu Bara di Lamteng, Jadwal Keberangkatan Kereta Penumpang Dibatalkan

M. Iqbal Pratama - Senin, 07 November 2022 13:17
Kecelakaan Kereta Batu Bara di Lamteng, Jadwal Keberangkatan Kereta Penumpang DibatalkanPenumpang sedang pengecekan ketersediaan tiket Kereta Api di Stasiun Singgah Labuhan Ratu. (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG - Terkait kecelakaan dua kereta api batu bara rangkaian panjang (babaranjang) di Rengas Bekri Lampung Tengah pada dini hari, berakibat pada pembatalan semua jadwal kereta api penumpang.

Seperti di Stasiun Singgah Labuhan Ratu, pihak stasiun Labuhan ratu telah menginformasikan pembatalan keberangkatan kepada calon penumpang yang akan berangkat pada hari ini dengan memberi info dilaman PT KAI informasi atau aplikasi Kai Access.

Tuti Idianawati salah satu calon penumpang tujuan kotabumi mengatakan, dirinya ingin membeli tiket pada keberangkatan siang ini, namun pihak stasiun Labuhan ratu memberi tau kepada Tuti Idianawati bahwa tidak bisa karena sedang halangan.

"Tadi nya saya mau mesan tiket dengan tujuan Kotabumi, tapi pas ke layanan loket, kata penjaga loketnya hari ini kereta ngga jalan, karena lagi ada masalah, " Kata Tuti Idianawati pada Senin 7 November 2022.

Di tempat yang sama, Galih yang juga calon penumpang tujuan Kotabumi membatalkan tiket perjalanan pada siang hari ini karena terjadinya kecelakaan kereta api batubara yang terjadi di Rengas Bekri.

"Tadi liat di instagram ada info katanya ada kecelakaan babaranjang, terus saya langsung ke stasiunnya untuk batalin tiket pemberangkatan hari ini, " ujar Galih.

Kabag Humas Divre IV Tanjungkarang, Jaka Jarkasih mengatakan, tabrakan tersebut karena dari arah stasiun Bekri KA Babaranjang No. Plb 3031A  di jalur I Stasiun  Rengas, kemudian datang berlawanan dari arah Stasiun Tegineneng KA Babaranjang No.Plb 3056A sama-sama masuk jalur I Stasiun Rengas.

"Akibatnya tabrakan tersebut, beberapa perjalanan KA keberangkatan dari dan menuju Stasiun Tanjungkarang ataupun Stasiun Baturaja, dibatalkan” ujar Jaka Jarkasih, saat dikonfirmasi.

Dengan adanya pembatalan keberangkatan penumpang tersebut, pihaknya meminta permohonan maaf atas terganggunya perjalanan KA.

“Kami memohon maaf atas terganggunya perjalanan kereta api lintas Tanjungkarang - Baturaja- Kertapati yakni KA Rajabasa Ekspres relasi Tanjungkarang - Kertapati (PP) dan KA Kualastabas relasi Tanjungkarang - Baturaja (PP)," ungkapnya.

Mengenai penyebab kejadian tersebut, Jaka menyampaikan masih dalam penyelidikan, sehingga dimohon bersabar.

"Saat ini kami masih fokus dengan penanganan evakuasi, agar dalam waktu dekat jalur dapat kembali normal," ucapnya.

"Sekali lagi, kami menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jasa kereta api atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Kami pun memberikan kesempatan kepada penumpang yang akan membatalkan perjalanan dengan pengembalian biaya 100 persen,” tandasnya. (*)

Editor: Yunike Purnama
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS