Karta Kauman Sukses Gelar Pasar Heppiii dan Beri Donasi ke Janda Lansia

KabarSiger 22 Feb 2021, By Redaksi
Karta Kauman Sukses Gelar Pasar Heppiii dan Beri Donasi ke Janda Lansia Penyerahan bantuan paket sembako dari Heppii Community kepada para janda lansia. (Ist)

NGAWI – Kegiatan Pasar Heppiii yang digelar Karang Taruna (Karta) Desa Kauman, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur mendapat sambutan yang luar biasa dari warga.

Terbukti sebanyak 1.500 paket sembako mampu terjual habis secara door to door keliling dusun menggunakan mobil.

Harjianto, selaku Ketua Karang Taruna Desa Kauman yang tergabung dalam Heppiii Community menjelaskan kegiatan Pasar Heppiii digelar di empat dusun, yakni Paldaplang, Grenteng, Kauman, dan Wonosari pada 5–14 Februari 2021.

“Jadi dalam kegiatan Pasar Heppiii ini, warga berhak mendapatkan kupon undian setelah melakukan pembelian. Selanjutnya kupon undian ini bisa ditukarkan dengan beras, minyak, telur, gula, atau kopi sesuai dengan hasil undian yang mereka peroleh,” jelas Harjianto yang akrab disapa Harjun, Jumat (19/2/2021).

Dalam rangkaian kegiatan Pasar Heppiii ini, kolaborasi Karta Rajiman Dusun Paldaplang dan Karta Darmasari Dusun Wonosari yang tergabung dalam Heppiii Community juga  membuat kegiatan positif lainnya. Kedua karta ini membagikan paket sembako yang berisi beras, minyak, telur, gula, dan kopi kepada para janda dan 3 duda lanjut usia (lansia).

Para janda dan duda lansia ini dinilai layak menerima paket sembako secara gratis. Serah terima paket sembako kepada para janda maupun duda lansia ini digelar di halaman rumah Kepala Dusun Wonosari, Lina Pujiastuti pada 14 Februari 2021.

“Ini merupakan bentuk kepedulian teman-teman karang taruna kepada mereka khususnya janda-janda dan duda lansia yang tidak mampu membeli paket dari kami. Dengan adanya kepedulian dari teman-teman karta ini, mereka yang tidak mampu membeli dan memiliki keinginan untuk membeli, akhirnya bisa menerima paket sembako,” lanjut Harjun.

Koordinator Heppiii Community Madiun, Belladira mengatakan awalnya puncak dari kegiatan Pasar Heppiii ini akan dikolaborasikan dengan acara bazar dengan tujuan memaksimalkan potensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat. Namun masih adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro membuat rencana tersebut akhirnya dialihkan menjadi pemberian bantuan paket sembako kepada janda-janda dan duda lansia.

“Ini menunjukkan teman-teman karta cukup kreatif. Mereka mampu menggabungkan kegiatan Pasar Heppiii dengan kegiatan lain yang memberikan manfaat bagi orang lain apapun itu bentuknya,” kata Ibel, sapaan Belladira. (*)

Eva Pardiana

Eva Pardiana