KAI Ganti Kursi Kereta Api Ekonomi untuk 12 Gerbong, Target Selesai 2023

Yunike Purnama - Sabtu, 03 Juni 2023 06:22
KAI Ganti Kursi Kereta Api Ekonomi untuk 12 Gerbong, Target Selesai 2023Viral di media sosial PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedang modifikasi kursi untuk menggantikan gerbong kelas ekonomi. (sumber: Dok KAI)

JAKARTA - Viral di media sosial PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedang modifikasi kursi untuk menggantikan gerbong kelas ekonomi.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus menuturkan, KAI memang tengah memodifikasi interior gerbong ekonomi beserta kursinya di Balai Yasa Manggarai. Modifikasi ini sebagai bagian dari program peningkatan pelayanan di kelas ekonomi.

Pada tahap awal, sudah ada empat gerbong ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi. Melalui modifikasi ini, jumlah kursi yang semula berkapasitas 80 tempat duduk, kini menjadi 72 tempat duduk sehingga memberikan kesan yang lebih luas. Adapun keunggulan lainnya yakni kursinya dapat disandarkan (reclining) dan diputar (revolving) seperti kursi pada gerbong eksekutif. KAI menargetkan modifikasi kursi ekonomi untuk 12 gerbong atau satu rangkaian kereta dapat selesai 2023.

“Target tahun ini 12 gerbong dulu. 12 gerbong ini sama dengan satu rangkaian kereta. Targetnya kami upayakan di tahun ini juga sudah bisa selesai satu rangkaian kereta sehingga bisa dioperasikan untuk melayani masyarakat, sekarang baru selesai empat gerbong,” ujar dia.

Adapun untuk pengerjaan satu gerbong terkait modifikasi kursi ekonomi itu membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Saat ditanya mengenai dampak modifikasi kursi ekonomi itu terkait harga tiket, Joni menegaskan, KAI fokus dahulu menyelesaikan proses modifikasi gerbong-gerbong ekonomi tersebut,” kata dia.

Selain itu pada interior gerbong  KAI juga menambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior gerbong juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk.

Joni menuturkan, untuk rencana operasionalnya dirangkaikan untuk kereta api apa dan kapan waktunya, sampai dengan saat ini masih dalam kajian dan evaluasi. Yang pasti, dalam waktu dekat pelanggan kereta ekonomi akan merasakan pengalaman yang berbeda, dan pastinya lebih nyaman.

“Melalui modifikasi ini, KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan ke depannya menjadikan perjalanan kereta api semakin  aman, nyaman, dan sehat,” kata Joni.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS