Kabar Siger Raih Juara Pertama Anugerah Jurnalistik Pertamina 2021 Wilayah Sumbagsel

Eva Pardiana - Sabtu, 18 Desember 2021 20:09
Kabar Siger Raih Juara Pertama Anugerah Jurnalistik Pertamina 2021 Wilayah SumbagselDaftar pemenang Anugerah Jurnalistik Pertamina 2021 Wilayah Sumbagsel. (sumber: Kabar Siger/Tangkapan layar)

BANDARLAMPUNG – Portal berita ekonomi dan bisnis yang berbasis di Bandarlampung, Kabar Siger, berhasil meraih penghargaan di ajang Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2021. Karya Yunike Purnama Putri bertajuk 'Energi Baru Penyandang Disabilitas Pekerja Steam Isyarat Hati' berhasil menyabet juara pertama pada kategori karya publikasi CSR.

Vice President Corporate Communications & Investor Relations PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menjelaskan AJP 2021 mengompetisikan enam kategori yakni media cetak, media online, media TV, radio, foto esaidan pemberitaan terkait kegiatan CSR/pemberdayaan masyarakat. 

"Seluruh karya AJP 2021 diseleksi secara berjenjang mulai tingkat teritori atau tingkat daerah di seluruh Indonesia, hingga tingkat nasional untuk merebutkan babak final dan grand final," ujar Fajriyah saat pengumuman pemenang yang digelar virtual, Sabtu (18/12/2021).

Ia menambahkan AJP 2021 mengangkat tema Energizing You yang telah ditetapkan sebagai tagline perusahaan dari awal tahun 2021. Dari tagline tersebut, Pertamina mengajak insan pers untuk mengangkat informasi mengenai hal-hal yang bersifat pelayanan, kepedulian, pengabdian kontribusi perusahaan, keterbukaan dan transparansi atas kemajuan di bidang energi, CSR, pemberdayaan masyarakat, dan program mitra binaan untuk UMKM.

"Melalui AJP, Pertamina membuka peluang berbagai karya jurnalistik untuk mengangkat beragam informasi terkait Pertamina Go Green, Pertamina Go Global, Pertamina Go Digital, Pertamina Go Collaborative, Pertamina Go Productive & Efficient dan Pertamina Go Sustainable," ungkap Fajriyah.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi para jurnalis dalam ajang AJP 2021.

“Ajang ini merupakan program yang secara konsisten dilaksanakan Pertamina setiap tahun sebagai bentuk apresiasi kepada rekan-rekan jurnalis atas kerja samanya selama ini,” ujar Nicke dalam sambutannya secara virtual.

Nicke menambahkan, tahun ini masih menjadi tahun penuh tantangan bagi kita semua. Tidak terkecuali bagi Pertamina yang merasakan dampak pada sektor usahanya mulai dari hulu hingga hilir. Namun berkat kerja keras, kolaborasi, efisiensi dan inovasi yang dilakukan, Pertamina tetap mencatatkan kinerja positif hingga saat ini.

Di tengah pandemi Pertamina tetap berhasil mencatatkan namanya sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2021. Dengan nilai revenue perusahaan sebesar Rp41,47 miliar dolar AS pada tahun buku 2020, Pertamina berada di posisi 287.

"Pencapaian ini juga berkat dukungan positif media yang mendukung kami dan membuka jalan bagi Pertamina mewujudkan cita-cita perusahaan energi yang diakui secara global," pungkas Nicke. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS