Jelang Nataru 2022: Transaksi Hampers Tokopedia Naik Hampir 3 Kali Lipat

Yunike Purnama - Kamis, 23 Desember 2021 18:13
Jelang Nataru 2022: Transaksi Hampers Tokopedia Naik Hampir 3 Kali LipatTokopedia merilis tren belanja masyarakat Indonesia menjelang Nataru 2022. (sumber: Dok Tokopedia)

BANDARLAMPUNG -  Merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di rumah masih menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai. Hal ini sekaligus menjadi moment untuk mendorong pegiat usaha di Indonesia , khususnya UMKM mengembangkan penjualan hampers natal dan tahun baru. 

Tokopedia merilis tren belanja masyarakat Indonesia menjelang Nataru 2022. External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Kategori Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, Elektronik serta Fashion menjadi beberapa kategori favorit masyarakat Indonesia menjelang Nataru.

“Hampers, kartu ucapan serta cokelat menjadi beberapa produk favorit menjelang Nataru tahun ini. Kami mencatat kenaikan transaksi hampir dua kali lipat pada produk cokelat menjelang Nataru tahun ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” ungkap Ekhel dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/12/2021). 

Selain itu, data internal Tokopedia menunjukkan masyarakat masih gemar mengirimkan kartu ucapan kepada keluarga dan kerabat. Terbukti dengan meningkatnya jumlah transaksi produk kartu ucapan hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Tren belanja hampers online yang dilakukan masyarakat Indonesia berpengaruh terhadap peningkatan transaksi hampers di Tokopedia yang naik hampir 3x lipat menjelang Nataru 2022 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya,” tambah Ekhel.

Di sisi lain, Tokopedia juga menyediakan berbagai inisiatif yang dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk menjelang Nataru.

“Tokopedia NOW! membantu masyarakat memenuhi kebutuhan produk harian - termasuk produk sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan, makanan ringan dan lainnya - dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran,” jelas Ekhel.

Ada juga Tokopedia Nyam, dimana Tokopedia menggencarkan kolaborasi dengan pegiat usaha lokal makanan dan minuman. Kampanye ini juga ditujukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah dan efisien.

Sebagai bagian dari inisiatif Hyperlocal untuk membantu masyarakat di berbagai daerah, Tokopedia juga menghadirkan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dimana masyarakat bisa menemukan berbagai produk UMKM lokal dari daerah setempat.

“Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa menghadirkan berbagai produk kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk di Hari Natal dan Tahun Baru, agar masyarakat tetap bisa merayakan suka cita Natal dan Tahun Baru bersama keluarga dengan lebih aman, tanpa perlu keluar rumah,” tutup Ekhel.(*) 
 

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS