Investor Keluarkan Dana Energi Terbarukan Tingkat Tercepat

Yunike Purnama - Senin, 16 Oktober 2023 06:27
Investor Keluarkan Dana Energi Terbarukan Tingkat TercepatIlustrasi (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Investor berbondong-bondong meninggalkan dana energi terbarukan pada rekor tercepat dalam tiga bulan hingga akhir September. Hal ini karena saham energi bersih mengalami tekanan dari suku bunga yang lebih tinggi dan biaya material yang melonjak, sehingga menyempitkan margin keuntungan.

Dilansir dari Reuters, Selasa, 10 Oktober 2023, dana energi terbarukan di seluruh dunia mengalami arus keluar bersih sebesar US$1,4 miliar pada kuartal Juli-September. Ini merupakan arus keluar terbesar yang pernah tercatat, menurut data LSEG Lipper.

Namun, arus keluar hanya membalikkan sebagian tren untuk paruh pertama tahun 2023 ketika investormenambahkan US$3,36 miliar bersih. Total aset sektor yang dikelola sekarang mencapai US$65,4 miliar, turun 23% dari akhir Juni, menurut data.

Investor juga telah memiliki dana energi tradisional, tetapi tarifnya telah melambat. Arus keluar bersih mencapai US$438 juta pada kuartal terakhir dibandingkan dengan US$3,32 miliar dalam tiga bulan sebelumnya. Perusahaan energi terbarukan dengan potensi pertumbuhan tinggi rentan terhadap kenaikan suku bunga karena hal ini menggerus nilai arus kas masa depan.

Perusahaan, termasuk Orsted Denmark (ORSTED.CO), pengembang pembangkit listrik tenaga angin laut terbesar di dunia, dan produsen panel matahari First Solar (FSLR.O) dari Amerika Serikat, telah mengalami penurunan tajam dalam harga saham mereka dalam beberapa bulan terakhir.

“Dana energi terbarukan menghadapi sentimen yang melemah karena kinerja perusahaan dalam beberapa kuartal terakhir dan pergeseran perhatian investor tahun ini ke tema lain seperti AI dan Infrastruktur AS,” kata analis riset Global X Madeline Ruid.

Lama waktu izin, keterlambatan proyek, tingginya suku bunga, dan biaya material yang tinggi—terutama untuk tenaga angin dan tenaga surya—telah memberatkan perusahaan-perusahaan.

Dalam data tersebut terlihat bahwa iShares Global Clean Energy Exchange Traded Fund (ICLN.O) mengalami kerugian bersih sebesar US$278,4 juta dalam kuartal terakhir. Investor menarik dana bersih sebesar US$218,3 juta dan US$199,1 juta dari Hallbar Energy dan iShares Global Clean Energy UCITS ETF USD (Dist) (INRG.L) masing-masing.

Permintaan akan paparan energi terbarukan telah menjadi pendorong utama arus kas ke dana terkait iklim dalam beberapa tahun terakhir. Namun, dana transisi iklim yang berinvestasi pada perusahaan yang ingin mengurangi karbon lebih cepat—dan dana solusi iklim adalah sektor terbesar.

"Ini karena investor mencari peluang investasi di luar sektor energi terbarukan,” demikian keterangan penyedia data Morningstar dalam sebuah laporan baru-baru ini. Indeks Energi Bersih Global S&P (.SPGTCLEN), yang terdiri dari perusahaan besar tenaga surya dan angin serta bisnis terkait energi terbarukan lainnya, telah mengalami kerugian 30% pada tahun 2023, dengan hampir semua penurunan sejak Juli.

Di sisi lain, Indeks Energi S&P 500 (.SPNY) yang didominasi oleh minyak dan gas naik tipis tahun ini. “Selama suku bunga tetap tinggi, pertumbuhan energi terbarukan akan tetap dihadapkan pada tantangan dan akan tertahan untuk proyek-proyek modal baru, karena proyek tersebut akan ditunda lebih jauh dalam kalender,” kata Rich Pontillo, Kepala Penasihat di Nasdaq IR Intelligence.

Proyek-proyek tenaga angin di lepas pantai di Inggris, Belanda, dan Norwegia telah ditunda atau ditinggalkan karena biaya yang meningkat dan kendala rantai pasokan, yang meningkatkan kekhawatiran tentang negara-negara mencapai target energi terbarukan mereka pada tahun 2030.

Namun, Pontillo mengatakan subsidi masif dari pemerintah AS untuk mendorong investasi dalam teknologi yang lebih ramah lingkungan akan mendukung “siklus berikutnya” dalam industri.(*)

Editor: Redaksi
Tags Energi TerbarukanBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS