Investasikan Rp2 Triliun, Private Equity General Atlantic Kempit 5,64 Persen Saham Cimory

Yunike Purnama - Rabu, 11 Januari 2023 10:52
Investasikan Rp2 Triliun, Private Equity General Atlantic Kempit 5,64 Persen Saham CimoryPT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY), emiten produsen susu dan makanan konsumen premium terkemuka di Indonesia digandeng investor strategis baru yakni perusahaan ekuitas General Atlantic. (sumber: Dok Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY))

JAKARTA - PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY), emiten produsen susu dan makanan konsumen premium terkemuka di Indonesia digandeng investor strategis baru yakni perusahaan ekuitas General Atlantic.

General Atlantic menginvestasikan US$130 juta (Rp2 triliun) , setara dengan 5,64% kepemilikan saham di Perusahaan. Cimory berencana bermitra dengan General Atlantic untuk mempercepat inisiatif pertumbuhannya, termasuk pengembangan produk baru dan inovasi produk, perluasan jaringan distribusi dan pemasaran digital.

Didirikan pada tahun 1992 oleh Bambang Sutantio, Cimory telah berkembang menjadi produsen dan distributor produk susu dan makanan konsumen terkemuka di Indonesia.

Produknya mencakup berbagai kategori dengan pertumbuhan tinggi, termasuk yogurt, susu beraroma, dan makanan konsumen premium.

Cimory memiliki rekam jejak yang mapan dalam memberikan inovasi produk, menciptakan kategori yogurt yang berkembang pesat secara lokal di Indonesia pada tahun 2006 dan secara konsisten meluncurkan produk baru di berbagai titik harga untuk konsumen di seluruh portofolionya. 

Cimory juga memprioritaskan inklusi dan ESG dalam saluran distribusinya, termasuk melalui pembuatan saluran distribusi eksklusif Miss Cimory direct-to-consumer, yang terdiri dari 4.000 pramuniaga yang menjual produk langsung ke lebih dari 200.000 rumah tangga setiap minggunya.

Perseroan juga berkomitmen untuk mendukung perekonomian daerah, dengan mendapatkan pasokan produk susunya dari lebih dari 10.000 peternak sapi perah kecil setiap hari.

Seiring pertumbuhan ekonomi yang kuat di Indonesia, konsumsi protein – termasuk susu, telur, dan daging di negara ini meningkat.

Keahlian Cimory dalam memberikan produk protein berkualitas tinggi membantu Perusahaan untuk mendapatkan manfaat dari transisi ini dan memberikan pertumbuhan jangka panjang karena melayani konsumen di berbagai pola konsumsi dan titik harga. 

Di bawah kepemimpinan CEO Farell Sutantio, Cimory juga telah melakukan reorientasi diri sebagai merek digital, yang memungkinkan Perseroan untuk membangun resonansi yang kuat di antara basis konsumen muda Indonesia.

CEO Cimory Farell Sutantio mengatakan sektor mendalam dan keahlian regional General Atlantic, dikombinasikan dengan kemampuan membangun perusahaan yang berdedikasi, akan membantu memberi Cimory kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan bisnis.

“Kami bangga telah mengembangkan Cimory menjadi nama rumah tangga dan salah satu merek paling terpercaya di Indonesia. Saat kami melihat ke depan untuk fase pertumbuhan berikutnya, kami dengan senang hati menyambut General Atlantic sebagai mitra strategis kami,” ujar Farrel dalam website resmi, dikutip Rabu, 11 Januari 2023.

Managing Director dan Head of India & Southeast Asia di General Atlantic, Sandeep Naik mengatakan Farell dan tim sangat fokus pada inovasi, inklusi, dan ekspansi strategis, dan pihaknya bermaksud untuk memanfaatkan pengalaman puluhan tahun General Atlantic dalam membantu menumbuhkan merek konsumen untuk mendukung inisiatif pertumbuhan yang menarik yang sudah berlangsung di Cimory.

“Kami yakin Cimory telah mengembangkan merek dan portofolio produk yang berbeda yang secara unik sesuai dengan kebutuhan konsumen lokal yang terus berkembang.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang menarik didorong dari Indonesia dan Asia Tenggara, Cimory memiliki peluang untuk memperluas portofolio produknya dan menjangkau konsumen baru,” kata Sandeep Naik.

Nomura Singapore Limited juga menjadi advisor General Atlantic dalam investasi atau transaksi di Cimory tersebut. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS