Intip Keindahan Tanaman Hias Alocasia Berikut Harganya

Eva Pardiana - Jumat, 05 November 2021 16:05
Intip Keindahan Tanaman Hias Alocasia Berikut HarganyaAlocasia baginda silver dragon. (sumber: id.pinterest.com)

BANDARLAMPUNG – Alocasia merupakan keluarga dari Araceae atau umbi-umbian yang banyak hidup di hutan hujan tropis basah seperti di wilayah Kalimantan.

Alocasia terkenal dengan bentuknya yang unik seperti kuping gajah. Warna daunnya cukup beragam, mulai dari hijau tua berkilau, hijau dengan permukaan halus seperti beludru, ada pula yang putih dengan urat daun keperakan.

Alocasia adalah jenis tanaman hias yang masih berkerabat dengan aglaonema, keladi, dan anthurium. Karena bentuknya yang mirip, banyak yang tidak bisa membedakan alocasia dengan keladi. Padahal, alocasia dan keladi memiliki perbedaan yang signifikan.

Pada tanaman keladi, umbi utamanya akan mengeluarkan tunas yang nantinya akan menjadi anakan keladi. Sedangkan untuk Alocasia, anakan, atau tunas baru akan tumbuh terpisah dari umbi utama.

Ada lebih dari 70 jenis alocasia yang dibudidayakan sebagai tanaman hias. Beberapa jenis yang populer di antaranya, alocasia baginda silver dragon, alocasia melo, alocasia longiloba, alocasia amazonica polly, alocasia amazonica,  alocasia dragon scale, dan alocasia jacklyn.

Harga Tanaman Alocasia

Harga tanaman alocasia cukup beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenisnya dan usianya. Alocasia juga sangat mudah didapatkan di toko tanaman hias online atau melalui marketpace. Berikut ini kami sajikan beberapa jenis alocasia dan harganya.

Alocasia Baginda Silver Dragon

Aocasia baginda silver dragon termasuk jenis yang sedang hits dan banyak diburu pecinta tanaman hias. Alocasia jenis ini memiliki daun lebar dengan warna keperakan dan urat-urat kehitaman yang estetik. Sekilas memang terlihat seperti sisik naga perak, karena itu disebut baginda silver dragon. Harganya mulai dari Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

Alocasia Melo

Alocasia melo juga dikenal dengan nama Alocasia dukosa. Jenis alocasia ini memiliki bentuk daun yang unik. Ada yang menyebut pola urat daunnya terlihat seperti kulit badak atau penampang otak berwarna kelabu. Daunnya tebal, lebar, dan cenderung kasar. Di marketplace, harga alocasia ini bisa mencapai Rp6.000.000

Alocasia Longiloba

Alocasia jenis longiloba memiliki bentuk daun seperti mata panah atau wajah rubah yang panjang dan meruncing. Warna daunnya bervariasi, mulai dari hijau kebiruan sampai hijau kelabu. Sementara bagian bawahnya berwarna ungu gelap. Harganya cukup terjangkau, kisaran Rp50.000 hingga Rp300.000.

Alocasia Amazonica Polly

Alocasia amazonica polly juga termasuk jenis alocasia yang banyak dicari para penggemar tanaman hias. Alocasia jenis ini mempunyai daun lebar yang bentuknya miri perisai hijau. Urat daunnya yang berwarna hijau pucat terlihat tebal dengan tepian bergerigi. Harga alocasia amazonica polly yang masih muda hanya ratusan ribu, namun yang sudah dewasa bisa mencapai Rp2.000.000.

Alocasia Amazonica

Jenis Alocasia amazonica juga temasuk varietas yang paling populer. Penampilannya mirip dengan polly, namun jenis ini memiliki batang memanjang dengan warna daun hijau tua kombinasi putih. Alocasia jenis ini dijual dengan harga mencapai Rp2.000.000.

Alocasia Dragon Scale

Aocasia dragon scale memiliki bentuk yang mirip dengan silver dragon, namun daunnya berwarna hijau muda dengan urat daun tebal berwarna hijau gelap. Sekilas penampilannya mirip tempurung kura-kura. Alocasia dragon scale berusia dewasa harganya kisaran Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

Alocasia Jacklyn

Alocasia jacklyn Sulawesi termasuk jenis Alocasia paling istimewa. Pasalnya tanaman ini hanya bisa ditemukan di Indonesia, terutama di Sulawesi. Bentuk daunnya memang unik, langsing seperti mata panah bergerigi dengan warna kuning dan urat daun hijau yang tampak seperti batik. Harganya bisa mencapai Rp3.000.000. (*)

 

Artikel ini telah tayang di demfarm.id pada Jumat, 5 November 2021.

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS