Instagram sedang Uji Fitur Baru Mudahkan Pengguna Tambahkan Lirik di Reels

Yunike Purnama - Jumat, 18 Agustus 2023 06:28
 Instagram sedang Uji Fitur Baru Mudahkan Pengguna Tambahkan Lirik di Reels (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Developer Instagram tampaknya jadi semakin sibuk akhir-akhir ini. Di tengah proyek pengerjaan berbagai fungsi untuk aplikasi terbarunya yaitu Threads, mereka juga tidak lupa untuk menghadirkan fitur baru untuk Instagram.

Pada 11 Agustus lalu, Instagram mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk tag atau menandai sekelompok orang dalam sebuah Stories dengan satu penyebutan saja. Meski begitu, pengguna tetap harus mengatur pembuatan nama sebutan tersebut.

Fitur Lirik di Reels Instagram

Fitur tersebut ditambahkan di Instagram karena banyak pengguna yang merasa terganggu ketika menandai pengguna lainnya secara manual ketika memposting foto grup. Sekarang, untuk membantu para kreator di platform tersebut, Instagram tampaknya akan memperluas pengujian fitur eksperimental baru yang akan memungkinkan pengguna untuk menambahkan lirik lagu di video Reels secara otomatis dengan cara kerja yang mirip dengan lirik lagu di Stories.

Instagram Head, Adam Mosseri memposting tersebut di broadcast Instagramnya di mana ia menyebutkan bahwa fitur terkait musik lainnya sedang diuji oleh timnya. Sebelumnya, mereka juga menyebutkan bahwa sedang menguji kemampuan untuk menambahkan lirik ke Reels seperti yang dapat dilakukan pengguna di Stories. Adam Mosseri juga mengatakan akan menguji fitur tersebut ke lebih banyak negara dan ingin melihat bagaimana pengguna menjadi lebih kreatif dengan musik di Reels. 

Fitur penambahan lirik di Reels ini akan secara otomatis tersedia ketika Anda memilih lirik dari lagu atau audio apapun yang ditambahkan ke Reels dan akan ditampilkan di layar. Sama seperti cara kerjanya Stories, pengguna juga akan memiliki akses ke tools atau alat pengeditan yang dapat memudahkan untuk menyesuaikan atau mengontrol tampilan lirik, seperti ukuran dan font teks, warna, gaya tampilan, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, saat ini fitur tersebut sedang dalam tahap uji coba dan masih tidak tersedia untuk masyarakat umum. Akan tetapi, dengan diperluasnya uji fitur ini ke lebih banyak negara, maka pengguna yang bisa menggunakannya akan semakin banyak. 

Hingga sampai saat ini masih belum jelas negara apa saja yang akan mendapatkan fitur lirik di Reels ini, tapi diharapkan fitur tersebut akan segera diluncurkan secara global.

Perlu diketahui, Reels sendiri telah ditambahkan ke Instagram pada tahun 2020 lalu dan dalam tiga tahun terakhir platform media sosial tersebut telah memperluas fitur ini secara besar-besaran dengan menambahkan berbagai alat yang kreatif, memudahkan untuk mengedit, dan opsi yang memungkinkan penggunanya untuk saling berkolaborasi. Bahkan, sebulan yang lalu Instagram berani mengambil risiko dengan mengumumkan kepada pengguna bahwa mereka sudah bisa mengunduh video Reels secara langsung di Instagram.

Reels saat ini juga menjadi fitur yang sangat populer di Instagram. Bahkan, karena popularitasnya Facebook turut mengintegrasikan Reels tersebut ke dalam dek videonya sendiri. Fitur ini tampaknya ditambahkan ke Instagram untuk menyaingi fitur video pendek di TikTok. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS