Ini 7 Tanda Kesehatan Finansial Semakin Kuat, Sudahkah Anda Mencapainya?

Eva Pardiana - Senin, 24 Januari 2022 19:23
Ini 7 Tanda Kesehatan Finansial Semakin Kuat, Sudahkah Anda Mencapainya?Ini 7 Tanda Kesehatan Finansial Semakin Sehat, Sudahkah Anda Mencapainya? (sumber: Foto Ilustrasi: Trenasia.com)

JAKARTA – Pada saat pandemi seperti saat ini, kita tidak hanya memusatkan perhatian untuk memperkuat kesehatan fisik dan mental, tapi juga kesehatan finansial. Kondisi finansial yang kuat dan stabil akan memudahkan Anda untuk bisa bertahan dari tantangan selama pandemi Covid-19 saat ini. 

Berikut beberapa tanda bahwa kesehatan finansial Anda sudah semakin kuat.

Anda Membelanjakan Lebih Sedikit dari Penghasilan

Jika apa yang harus Anda bayarkan seperti tagihan bulanan, uang makan, tabungan, dan utang berjumlah lebih kecil daripada pendapatan Anda, itu artinya Anda masih memiliki cukup ruang agar uang tunai bisa digunakan untuk pos lain seperti menabung dan berinvestasi. Saat terjadi krisis, Anda tidak akan tergoda untuk meminjam uang dengan suku bunga tinggi karena sudah memiliki tabungan dan investasi.

Jika Anda masih tidak mengetahui apakah biaya hidup Anda melebihi atau kurang dari penghasilan Anda, maka inilah saatnya mencatat semua pengeluaran Anda. Dengan mencatat semua pengeluaran, Anda akan mengetahui kemana perginya gaji Anda setiap bulan. 

Anda juga perlu memeriksa kebiasaan belanja, apakah sering berbelanja online dan barang apa yang biasanya Anda beli. Jika tagihan listrik Anda melonjak setiap bulan, Anda mungkin bisa menerapkan kebiasaan untuk menghemat pemakaian listrik agar dapat menekan tagihan.

Anda Memiliki Rencana Keuangan

Kesehatan finansial yang kuat datang dari rencana, baik itu rencana jangka pendek atau jangka panjang. Perencanaan keuangan akan memastikan Anda untuk mengelola uang dengan baik agar bisa mencapai tujuan masa depan.

Anda Memiliki Dana Darurat

Dana darurat sangat penting untuk dimiliki agar Anda bisa mempersiapkan sesuatu yang mungkin bisa terjadi, seperti sakit. Dengan rutin menabung dana darurat, maka Anda bisa lebih siap dan tidak kehilangan banyak uang dari tabungan Anda jika suatu saat terjadi kejadian yang tidak terduga.

Anda Dapat Menabung untuk Masa Pensiun

Anda mungkin tidak akan kerja untuk selamanya. Oleh karena itu, jika kesehatan keuangan Anda baik, maka Anda pasti sudah mempersiapkan dana pensiun yang tetap dapat menghidupi Anda saat sudah tidak lagi bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Anda Memiliki Asuransi Kesehatan

Mempertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan agar kesehatan fisik terjamin merupakan suatu tanda bahwa kondisi finansial Anda sudah kuat. Anda juga perlu untuk memberikan asuransi tersebut kepada keluarga agar kesehatan mereka bisa terjamin.

Anda Dapat Membayar Tagihan Tepat Waktu dan Lunas

Pertanda baik jika kesehatan finansial Anda sudah semakin kuat adalah Anda mampu melunasi semua utang tepat waktu. Jika Anda masih tidak bisa membayar tagihan atau utang, itu artinya Anda masih tidak bisa mengatur arus kas. Hal ini mungkin juga bisa menjadi cerminan bahwa Anda tidak dapat menangani cara mengatur keuangan harian dengan benar. 

Anda Berdonasi kepada Orang yang Membutuhkan

Jika Anda merupakan orang yang memiliki kondisi finansial yang baik, maka Anda mungkin akan melakukan donasi. Hal ini karena Anda sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mulai melakukan donasi untuk membantu sesama. Anda juga perlu menentukan jumlah uang donasi dengan bijak sehingga tidak mengganggu keuangan Anda. (*)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 23 Jan 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS