Indonesia Masih Aman dari Dampak Kebangkrutan Bank di AS, Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat

Yunike Purnama - Rabu, 15 Maret 2023 16:46
Indonesia Masih Aman dari Dampak Kebangkrutan Bank di AS, Rupiah Hari Ini Ditutup MenguatBank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai senilai Rp195 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan ramadan dan idul fitri tahun ini. (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia )

BANDARLAMPUNG - Nilai kurs rupiah ditutup menguat pada perdagangan hari ini seiring dengan keyakinan pelaku pasar bahwa sektor keuangan Indonesia masih aman dari dampak kebangkrutan bank di Amerika Serikat (AS).

Menurut data perdagangan Bloomberg, Rabu, 15 Maret 2023, nilai kurs rupiah ditutup menguat 4 poin ke posisi Rp15.381 per-dolar AS.

Pada perdagangan sebelumnya, Selasa, 14 Maret 2023, nilai kurs rupiah ditutup melemah 8 poin di level Rp15.385 per-dolar AS.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, pelaku pasar percaya bahwa Indonesia masih cukup aman dari kebangkrutan Silicon Valley Bank di AS.

"Sektor keuangan masih berada dalam situasi yang sangat baik dengan pergerakan modal asing menuju emerging market, dan ini terbukti dari derasnya modal asing yang sudah masuk ke pasar finansial dalam negeri sehingga berdampak terhadap pergerakan nilai tukar rupiah," kata Ibrahim dikutip dari riset harian, Rabu, 15 Maret 2023.

Per Februari 2023, modal asing masuk ke pasar keuangan Indonesia sebesar US$22,9 miliar atau setara dengan Rp352,22 triliun dalam asumsi kurs Rp15.381 perdolar AS.

Kemudian, Ibrahim pun menilai bahwa kasus yang menimpa Silicon Valley Bank kemungkinan tidak akan memberikan dampak sebesar kejatuhan Lehman Brothers pada tahun 2008 yang memicu krisis ekonomi global.

"Walaupun tidak ada afiliasi yang terjadi pada sektor keuangan Indonesia dengan SVB, kebangkrutan ini tetap harus jadi hal yang perlu diperhatikan," tegas Ibrahim.

Menurut Ibrahim, untuk perdagangan besok, Kamis, 16 Maret 2023, nilai kurs rupiah berpotensi melemah di rentang Rp15.350-Rp15.420 per dolar AS. (*)

Editor: Redaksi
Tags Kurs RupiahBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS