Impresif! Komitmen Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam Penerapan ESG

Yunike Purnama - Kamis, 29 Juni 2023 08:44
Impresif! Komitmen Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam Penerapan ESGPT Pertamina Hulu Energi atau sering disebut PHE, sebagai Subholding Upstream Pertamina, bertugas untuk melakukan eksplorasi pada seluruh potensi-potensi sumber daya minyak dan gas bumi (sumber: PHE)

JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi atau sering disebut PHE, sebagai Subholding Upstream Pertamina, bertugas untuk melakukan eksplorasi pada seluruh potensi-potensi sumber daya minyak dan gas bumi untuk diproduksikan sebagai kontribusi pada ketahanan energi nasional maupun produk olahan migas lainnya.

Dalam menjalankan tugasnya tersebut, PHE menerapkan prinsip-prinsip Environment, Social, Governance (ESG) sebagai landasan dalam kegiatan operasional untuk menjadi perusahaan yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial serta memiliki tata kelola yang baik.

Berikut ini perjalanan Pertamina Hulu Energi dalam komitmen penerapan prinsip-prinisp ESG:

1. Tergabung dalam UNGC

PHE telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) sebagai member atau patisipan sejak bulan Juni 2022. Dalam keanggotaannya tersebut PHE berkomitmen pada Ten Principles dari UNGC dalam stragei dan operasionalnya, sebagai bagian penerapan aspek ESG.

PHE akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang Environmentally Friendly, Socially Responsible dan Good Governance.

2. Perdagangan Karbon Kredit

Sebagai salah satu komitmen upaya dekarbonisasi, PHE telah melakukan penandatanganan Perjanjian Pokok (Heads of Agreement – HOA) Perdagangan Karbon Kredit dengan PT Pertamina Power Indonesia (PPI) di Bali pada Selasa, 18 Oktober 2023.

Perjanjian Karbon Kredit yang ditandatangani ini juga merupakan kontribusi PHE sebagai hulu migas terbesar nasional. Selain itu, penandatanganan ini juga bagian dari value chain besar Pertamina yang akan menjadi salah satu kontributor upaya dekarbonisasi BUMN pada roadmap Net Zero Emission Indonesia di 2060.

Seremoni penandatanganan ini diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam rangkaian State-Owned Enterprise (SOE) International Conference. Gelaran ini merupakan bagian dari kegiatan road to Presidensi Group of 20 (G20) Indonesia.

3. Sabet 7 PROPER Emas

PHE sukses menyabet tujuh predikat Emas pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PRPER) tahun 2022. Selain itu PHE juga meraih 21 predikat PROPER Hijau sebagai penghargaan terhadap perusahaan yang melakukan pengelolaan lingkungan dan sosial lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance).

Untuk diketahui PROPER merupakan penghargaan tertinggi terhadap kinerja pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS