Huawei Melangkah Menuju 5.5G

Yunike Purnama - Rabu, 05 Juli 2023 06:24
Huawei Melangkah Menuju 5.5GPenyedia solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terkemuka, Huawei menyerukan pentingnya pemanfaatan kemajuan teknologi 5G secara berkelanjutan. (sumber: Freepik)

SHANGHAI - Penyedia solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terkemuka, Huawei menyerukan pentingnya pemanfaatan kemajuan teknologi 5G secara berkelanjutan. Teknologi  yang telah terbukti menciptakan nilai-nilai baru di dalam setiap sendi kehidupan. 

Seruan itu disampaikan Huawei saat pembukaan Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2023, Selasa 4 Juli 2023.   "Selama empat tahun terakhir, teknologi 5G telah digunakan secara komersial di seluruh dunia dan mendorong penciptaan nilai-nilai baru. Langkah selanjutnya adalah 5.5G," ujar Sabrina Meng, Rotating Chairwoman dan CFO Huawei.

Saat ini, 5G telah digunakan secara komersial selama empat tahun dan telah menciptakan dampak positif di berbagai elemen kehidupan manusia. Di berbagai sektor industri serta jutaan rumah tangga di seluruh dunia, 5G mengubah cara manusia bekerja dan hidup, serta menciptakan berbagai nilai ekonomi, industri, dan sosial yang luar biasa.

Bagi para konsumen, 5G, cloud, dan AI ( artificial intelligence) telah memicu sebuah reaksi berantai, menciptakan sebuah lingkungan di mana pembeli juga dapat menjadi penjual. Bagi pelaku industri, 5G telah menjadi kunci pendorong produktivitas baru. 

Dewasa ini, para pemasok teknologi berada dalam satu garis yang selaras dengan para mitra dan pelanggan mereka, dan di sinilah 5G dapat berperan sangat nyata. Kemampuan 5G untuk menghadirkan kesabaran strategis, pemahaman mendalam tentang berbagai skenario industri, serta peningkatan ROI berkelanjutan telah mendorong pertumbuhan penerapan 5G dalam industri.

Kehadiran 5G juga membawa manusia pada sebuah era baru yang ditandai dengan adanya digitalisasi dan konektivitas super antar berbagai hal, memperkuat jaringan IoT, serta mendorong bentuk-bentuk baru produktivitas. 

Digitalisasi memerlukan perumusan ulang hubungan antarmanusia, peristiwa, hal-hal, dan teori, serta penerapan sebuah pendekatan manajemen yang lebih terbuka dan berpandangan ke depan, guna menghadapi tantangan di masa mendatang.Sedangkan, 5.5G merupakan langkah berikutnya dari 5G. 5.5G menjanjikan kecepatan downlink 10-gigabit, kecepatan uplink dalam satuan gigabit, kemampuan untuk mendukung 100 miliar koneksi, serta AI bawaan (native AI).

Banyak Peluang

Tak hanya mampu menghubungkan orang orang dengan lebih baik. Namun, teknologi 5.5G juga akan menciptakan begitu banyak peluang bisnis baru yang luar biasa dengan menghadirkan dukungan yang lebih spesifik untuk setiap kebutuhan industri dalam bidang IoT, pengindraan, dan manufaktur canggih. 

MWC Shanghai 2023 berlangsung dari tanggal 28 Juni hingga 30 Juni di Shanghai, Tiongkok. Huawei akan memamerkan berbagai produk unggulannya. Bersama dengan para operator global, profesional industri. Huawei akan mendalami topik-topik seperti mempercepat perwujudan kemakmuran dengan 5G, melangkah menuju era 5.5G, serta transformasi digital cerdas. 

Kehadiran 5.5G mendorong terciptanya nilai bisnis baru di berbagai bidang seperti menghubungkan orang, Internet of Things (IoT), dan Internet of Vehicles (IoV), serta mendukung banyak sektor industri dalam perjalanan transformasi mereka menuju dunia yang cerdas.(*)

Editor: Redaksi
Tags 5.5 GBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS