Kuartal III-2021, Omzet Mitra GoFood Melesat 7 Kali Lipat

Eva Pardiana - Senin, 18 Oktober 2021 19:21
Kuartal III-2021, Omzet Mitra GoFood Melesat 7 Kali LipatIlustrasi layanan GoFood. (sumber: Gojek)

JAKARTA – Layanan pesan antar GoFood mencatat kenaikan omzet bulanan para mitra hingga tujuh kali lipat sepanjang kuartal II-2020 sampai kuartal III-2021.

Seperti di ketahui, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner menjadi salah satu bidang usaha yang terdampak di masa pandemi.

Untuk dapat terus bertahan, sebanyak 42% UMKM menggunakan platform digital dan media sosial seperti GoFood sebagai antisipasi kebijakan PPKM. 

Di platform layanan pesan antara milik Gojek ini, sebanyak 43% UMKM kuliner yang bergabung menjadi mitra usaha merupakan pengusaha pemula. Sementara, sebanyak 250.000 UMKM kuliner baru go online di GoFood pada masa pandemi 2020. 

“Walaupun sudah berhasil pivot ke platform online, UMKM kuliner masih menghadapi tantangan dalam memastikan keberlanjutan bisnis,” kata Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo dalam keterangan resmi, Senin (18/10/2021).

Catherine mempelajari dukungan edukasi dan pengembangan kapasitas melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) penting dilakukan agar UMKM dapat meningkatkan keterampilan dan mampu bersaing di tengah kompetisi bisnis kuliner yang semakin ketat.

KOMPAG yang merupakan pionir wadah komunitas UMKM kuliner di industri digital kini bertumbuh menjadi wadah terbesar. KOMPAG diikuti oleh lebih dari 107.000 UMKM kuliner dari 70 kota di Indonesia untuk menambah ilmu, berkolaborasi, dan berjejaring.

Melanjutkan kesuksesannya, KOMPAG akan semakin fokus pada dua hal di tahun 2022 mendatang. Pertama Mentorship & Pelatihan Tersegmentasi bersama mentor GoFood dan mendapatkan program mentorship eksklusif.

Kedua, KOMPAG terus konsisten mendukung peningkatan skala bisnis UMKM GoFood. Selain mengikuti pelatihan yang dipandu oleh mentor, para mitra UMKM kuliner juga bisa mendapatkan tips sukses mengelola bisnis secara mandiri lewat aplikasi GoBiz dan mengakses menu ‘BizTips’.

“Kami sepakat dengan GoFood bahwa dukungan bagi UMKM tidak bisa berhenti pada digitalisasi, tapi juga mendukung keberlanjutan usaha UMKM di tengah perubahan kebutuhan dan daya beli masyarakat yang kian dinamis yang salah satunya dilakukan melalui pembinaan melalui KOMPAG,” terang Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya. (*)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 18 Oct 2021 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS