Hari Tani, Ratusan Petani Demo Tuntut Penyelesaian Konflik Agraria

M. Iqbal Pratama - Selasa, 27 September 2022 14:04
Hari Tani, Ratusan Petani Demo Tuntut Penyelesaian Konflik AgrariaRatusan petani yang tergabung dalam Dewan Rakyat Lampung melakukan aksi Hari Tani di Tugu Adipura. (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG - Ratusan petani yang tergabung dalam Dewan Rakyat Lampung melakukan aksi Hari Tani di Tugu Adipura. Mereka menuntut agar pemerintah segera menyelesaikan konflik agraria.

Direktur LBH Bandar Lampung Sumaindra Jarwadi, mengatakan masih banyak konflik agraria yang berpanjang tak kunjung terselesaikan. Sehingga pemerintah diminta untuk hadir membantu menyelesaikan konflik tersebut.

Menurutnya, konflik agraria yang terjadi seperti petani Sidodadi Asri yang berkonflik dengan PTPN 7, Desa Malang Sari yang berkonflik dengan salah satu mafia tanah, dan warga Lampung Timur terdampak penambangan pasir.

"Kami menuntut pemerintah untuk menuntaskan mafia tanah dan mendorong mencabut paket kebijakan yang menyengsarakan rakyat termasuk omnibus law, menolak kenaikan harga BBM, turunkan sembako, dan atasi kelangkaan pupuk,” kata Sumaindra, Selasa 27 September 2022.

Lebih lanjut, walaupun kasus konflik agrarian ada yang sudah ditangai oleh Polda Lampung, namun dalam prosesnya perlu dikawal agar bisa terselesaikan dengan adil.

“Kami ingin mengawal penegakan hukum atas kasus mafia tanah ini,”ujarnya

Dalam pantauan,Walau di tengah terik nya panas matahari, mereka tetap semangat menyerukan keluhannya , bahkan mereka berencana akan menggelar aksi ini sampai sore hari. (IQB)

Editor: Yunike Purnama
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS