Hari Tani Nasional, Petani Demo soal Lahan Kota Baru

M. Iqbal Pratama - Senin, 25 September 2023 14:26
Hari Tani Nasional, Petani Demo soal Lahan Kota BaruPuluhan para petani penggarap Kota Baru unjuk rasa dalam rangka memperingari Hari Tani Nasional (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabarsiger)

BANDAR LAMPUNG - Puluhan para petani penggarap Kota Baru unjuk rasa dalam rangka memperingari Hari Tani Nasional. Aksi tersebut berlangsung di Tugu Adipura, Senin 25 September 2023 .

Salah satu petani penggarap Kota Baru, Titin Uun Irawati (45) mengaku sudah menggarap lahan Kota Baru sejak 1960 yang diturunkan dari ayahnya. Namun pada 2010, Gubernur Lampung menyerobot lahan singkongnya dengan tali asih Rp5 juta.

“Lahan itu mau dibuat Kota Baru sebagai Ibukota Provinsi Lampung. Tapi Kota Barunya enggak jadi, cuma bangunan mangkrak,” kata Bunda Tini sapaan akrabnya.

Lantaran belum ada pembangunan lanjutan, petani penggarap Kota Baru diperbolehkan kembali menggarap. Namun dikenakan sewa Rp3 juta.

“Sakit kita gimana keadilan di Indonesia ini. Anak saya banyak, kalau suruh sewa duitnya dari mana, kita bukan orang kaya,” ujarnya.

Bunda Tini meminta Presiden Joko Widodo untuk membantu mengatasi masalah penyerobotan lahan yang dilakukan Gubernur Lampung. Pasalnya ada 10 desa terdampak akibat peristiwa tersebut.

“Saat ini lahan saya dihibahkan ke Unila, bahkan ada permintaan untuk mencabut singkong yang umurnya masih 4 bulan. Saya enggak mau, sedih saya dengan negara ini,” paparnya. (IQB).

Editor: Redaksi
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS