Harga Emas Dunia Reborn Usai Terjun Bebas

Redaksi - Sabtu, 01 Juli 2023 17:31
Harga Emas Dunia Reborn Usai Terjun BebasIlustrasi emas batangan (sumber: Reuters)

JAKARTA - Harga emas bangkit usai terjun bebas diperas oleh ekspektasi untuk lebih banyak kenaikan suku bunga AS. Sementara angka inflasi yang moderat memberikan beberapa dukungan pada harga emas pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta).

Dikutip dari CNBC, Sabtu (1/7/2023), harga emas dunia di pasar spot naik 0,5% menjadi UUSD 1.917,94 per ons pada pukul 13:46 EDT (1746 GMT). Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,6% menjadi USD 1.929,40.

Harga emas telah turun 2,5% di kuartal ini, amblas dari level tertinggi sepanjang masa di USD 2.072 pada bulan Mei, yang disebabkan oleh kekhawatiran tentang kesehatan sektor perbankan AS, hingga harga emas berada di bawah USD 1.900 pada perdagangan Kamis.Simak Grafis Informasi Harga Pangan Strategis, Periode Minggu Keempat Juni 2023

"(Krisis perbankan) Membawa imbal hasil 10 tahun lebih rendah karena diperkirakan bahwa Fed harus berhenti menaikkan suku bunga ... yang semuanya terlempar keluar dengan kenaikan suku bunga terakhir (menekan harga emas),” kata Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures, Daniel Pavilonis.

Indeks dolar dan imbal hasil Treasury 10 tahun sama-sama ditetapkan untuk naik pada kuartal ini, mengikis daya tarik emas bagi investor yang memegang mata uang lain.

Pengeluaran konsumen AS stagnan di bulan Mei, sementara indeks pengeluaran konsumsi pribadi yang disukai Bank Sentral AS, The Fed naik pada laju tahun-ke-tahun sebesar 3,8%, berkurang dari laju 4,3% di bulan April.

Harga Emas Naik

Harga emas naik setelah data tersebut, karena para pedagang bertaruh  TheFed sedikit kurang terkunci pada kenaikan suku bunga Juli, memangkas peluangnya menjadi 84% dari hampir 90% sebelumnya.

Kenaikan suku bunga mengangkat imbal hasil obligasi dan pada gilirannya meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

“Dalam jangka pendek, prospek lebih banyak kenaikan suku bunga AS dikombinasikan dengan kenaikan imbal hasil riil AS ke atau mendekati siklus tertinggi dapat menimbulkan tantangan lanjutan untuk emas,” kata Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank Ole Hansen dalam sebuah catatan.

Selaih harga emas, harga perak naik 0,8% menjadi USD 22,73 per ons. Harga platinum naik 0,6% menjadi USD 899,27, tetapi ditetapkan untuk penurunan bulanan terbesar dalam dua tahun. Sementara harga palladium turun 0,1% menjadi USD 1.227,79, dan menuju penurunan kuartal ketiga.(*) 

Editor: Redaksi
Tags harga emas duniaBagikan

RELATED NEWS