Harga Cabai, Bawang, dan Tomat di Bandar Lampung Kompak Naik

Eva Pardiana - Senin, 13 Juni 2022 13:47
Harga Cabai, Bawang, dan Tomat di Bandar Lampung Kompak NaikSalah satu pedagang cabai tengah melayani pembeli di Pasar Tugu, Kedaiamaian, Bandar Lampung, Senin, 13 Juni 2022 (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Harga sejumlah komoditas pangan di Bandar Lampung terus merangkak naik. Salah satunya cabai rawit merah. Pantauan Kabar Siger di Pasar Tugu, Senin, 13 Juni 2022, harganya mencapai Rp100 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp80 ribu.

Sepekan sebelumnya, pada Minggu 13 Juni 2022, harga cabai rawit merah telah mengalami kenaikan dari semula Rp70 ribu menjadi menjadi Rp80 ribu.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas cabai keriting yakni mencapai Rp85 ribu dari harga sebelumnya Rp60 ribu per kg.

Andy Syaputra, salah satu pedagang mengatakan kenaikan harga cabai disebabkan harga beli di tingkat penjual yang semakin tinggi. Hal itu membuatnya kesulitan mendapat modal tambahan untuk membeli stok cabai.

"Kalau sekarang kan pada naik harga cabai. Jadi kami pusing juga mikirin modalnya, karena harga pada tinggi semua," ujarnya.

Tidak hanya itu, komoditas bawang merah juga mengalami kenaikan dari yang sebelumnya Rp30 ribu, kini mencapai Rp50 ribu per kg. Sementara untuk bawang putih harga masih normal.

"Sekarang naik, modalnya Rp45 ribu, kita jual Rp50–55ribu per kg-nya. Kalau untuk bawang putih masih terbilang normal Rp25 ribu per kg," ujar Susi, pedagang lainnya.

Menurut Susi kenaikan harga bawang merah disebabkan oleh faktor cuaca sehingga persediaan tidak mencukupi. Ia berharap harga kebutuhan pokok dapat kembali normal, agar daya beli masyarakat meningkat. Sebab, jika harga tinggi, daya beli masyarakat pun menurun.

"Pembeli jadi sepi, karena semuanya harus diirit," pungkasnya. (IQB)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS