Harga Bumbu Dapur di Bandar Lampung Mulai Stabil

Eva Pardiana - Senin, 09 Mei 2022 20:57
Harga Bumbu Dapur di Bandar Lampung Mulai StabilPembeli sedang memilih bawang merah di Pasar Tugu, Bandar Lampung, Senin, 9 Mei, 2022. (sumber: Kabar Siger/Muhammad Iqbal)

BANDAR LAMPUNG — Harga sejumlah bumbu dapur di Bandar Lampung mulai stabil. Misalnya, di Pasar Tugu, Bandar Lampung, harga salah satu kebutuhan masyarakat itu perlahan-lahan kembali normal usai mengalami kenaikan menjelang Idulfitri 1443 H lalu.

Meskipun tidak terlalu signifikan, sejumlah bumbu dapur seperti cabai dan bawang sempat mengalami kenaikan beberapa hari menjelang Lebaran.

Bahkan, harga cabai besar sempat berada pada kisaran harga Rp60 ribu/kg. Begitu pula dengan cabai kecil yang juga sempat menyentuh angka Rp55 ribu/kg.

Menurut Andi, seorang pedagang di Pasar Tugu, harga bumbu-bumbu masak terkhusus untuk bawang dan cabai saat ini tergolong masih berada pada kisaran harga stabil.

"Untuk cabai besar dan cabai kecil sekarang terbilang normal, yakni sekitar Rp40 ribu per kilogram," kata Andi, Senin, 9 Mei, 2022.

Sementara harga bawang merah dan bawang putih juga mengalami penurunan dari yang sebelumnya mencapai Rp50 ribu/kg kini menjadi Rp48 ribu—Rp45 ribu/kg.

"Harga bumbu-bumbu masak kayak cabai dan bawang ini enggak bisa diprediksi, karena setiap harinya bisa naik atau turun," ucapnya.

Meski demikian, saat ini stok cabai dan bawang di Pasar Tugu terbilang belum cukup banyak. Pasalnya, sejumlah pedagang justru belum mendapatkan pasokan dari para distributor.

"Kebanyakan yang berjualan (cabai dan bawang, red) hari ini dapat pasokan stok dari petani lokal. Pasokan yang dari luar daerah belum ada,"  tuturnya. (IQB)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS