Hanya Dua Hari! BI Lampung Buka Penukaran Uang Baru Secara Drive Thru dan Walk Thru

Yunike Purnama - Rabu, 27 April 2022 11:54
Hanya Dua Hari! BI Lampung Buka Penukaran Uang Baru Secara Drive Thru dan Walk ThruKepala KPw BI Lampung Budiyono saat membuka acara Serambi Rupiah Ramadan penukaran uang baru pada Rabu,27 April 2022. (sumber: Kabarsiger/Yunike Purnama)

BANDARLAMPUNG - Bank Indonesia Lampung baru saja membuka layanan penukaran uang baru secara drive thru dan walk thru dengan tema Serami Rupiah Ramadan bertempat di area parkiran Kantor Bank Indonesia Jl. Hasanuddin Teluk Betung pada Rabu, 27 April 2022.

Layanan penukaran uang baru lebaran secara drive thru dan walk thru bersama 8 perbankan ini dibuka selama dua hari, sejak 27-28 April 2022. Delapan bank yang partisipasi dalam acara ini antara lain, BPD Lampung, Bank Mandiri, BRI, BCA, CIMB Niaga, BSI, BNI dan BTN.

Jam pelayanan dibuka mulai pukul 08:00-12:00 WIB, dengan kuota 1.200 orang dalam sehari.

Kepala KPw BI Lampung Budiyono mengatakan, dalam penukaran uang baru setiap orang diberi jatah menukarkan uang sebesar Rp3,8 juta per KTP.

Syarat bagi warga yang ingin menukarkan uang baru di layanan drive thru dan walk thru ini juga cukup mudah. Warga tinggal mengisi form pendaftaran di aplikasi PINTAR Bank Indonesia https://pintar.bi.go.id.

Foto: Kabarsiger/Yunike

"Kemudian tinggal datang ke lokasi penukaran uang drive thru sesuai jadwal yang telah ditentukan sembari membawa KTP," papar Budiono.

Untuk penukaran uang baru lebaran tahun ini, BI Lampung telah menyiapkan uang senilai Rp4 triliun yang dibagi ke sejumlah wilayah kerja perbankan di Provinsi Lampung.

Realisasi Penukaran Uang Baru Sudah 81 Persen

Layanan Drive Thru penukaran uang baru di KPw Bank Indonesia Lampung. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Hingga Rabu, 27 April 2022, realisasi penukaran uang baru di BI Lampung sudah terserap 81 persen dengan nominal Rp3,4 triliun dari target realisasi Rp4 triliun. Target ini meningkat dari tahun sebelumnya sebesar Rp3 triliun.

Budiyono melanjutkan, Bank Indonesia memudahkan masyarakat dengan memberikan layanan penukaran mulai dari perbankan, kas keliling di pasar tradisional, kas keliling di kantor pemerintahan dan pelabuhan.

"Diharapkan upaya yang dillakukan BI dapat memudahkan masyarakat mendapatkan uang kartal pecahan baru dengan nominal yang sesuai dan keaslian yang terjamin," paparnya.

BI Serah Terima Program Sosial

Serah terima program sosial Bank Indonesia Lampung. Foto: Kabarsiger/Yunike Purnama

Kepala KPw Lampung Budiyono memaparkan program sosial BI memiliki 3 pilar yakni peningkatan kapasitas ekonomi, pengembangan SDM unggul dan kepedulian sosial.

"Kegiatan program sosial hari ini merupakan bagian dari pilar kepedulian sosial untuk para penerima manfaat khususnya untuk para kaum duafa," papar Budiyono.

Ia melanjutkan, program sosial BI berbeda dari program CSR perusahaan. Karena merupakan lembaga negara yang pengajuannya dilakukan diawal yang disetujui oleh DPR.

Selain pilar kepedulian sosial, BI Lampung juga fokus dalam peningkatan kapasitas ekonomi. Seperti kolaborasi bersama pemerintah membantu dalam pengelolaan hasil pertanian masyarakat sehingga menjadi sumber pangan. 

"Dari program sosial tersebut, tentunya akan berdampak besar dalam pengendalian inflasi sehingga mewujudkan ketahanan pangan yang kuat untuk Provinsi Lampung," tutupnya.

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS