Hadapi Pembelajaran Tatap Muka, SMPN 26 Bandar Lampung Gelar Vaksinasi

Chairil Anwar - Kamis, 09 September 2021 22:41
Hadapi Pembelajaran Tatap Muka, SMPN 26 Bandar Lampung Gelar Vaksinasi Petugas medis menyuntikkan vaksin kepada siswa SMPN 26 Bandar Lampung, Kamis (9/9/2021), di aula sekolah setempat. (sumber: Kabar Siger/ Chairil Anwar)

SMP Negeri 26 Bandar Lampung menggelar vaksinasi tahap pertama bagi siswa kelas IX, Kamis (9/9/2021), di aula sekolah setempat. Pelaksanaan penyuntikan vaksin yang dilakukan oleh tenaga medis dari Puskesmas Rawat Inap Kemiling itu bertujuan meningkatkan imunitas siswa terhadap virus Covid-19, sehingga mereka dapat menerapkan kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka. 

Kepala SMPN 26 Bandar Lampung Wasiat, M.M.Pd. mengatakan kegiatan pemberian vaksin yang diselenggarakan di sekolahnya dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. “Sebelum vaksin, anak sudah mendapatkan persetujuan dari orang tua. Anak melakukan penyuntikan secara bertahap per kelas agar tidak terjadi kerumunan. Anak dicek suhu, wajib menggunakan masker, dan panitia menyiapkan tempat cuci tangan di berbagai sudut sekolah. Alhamdulillah, semua berjalan lancar,” katanya.

Tercatat, ada 210 siswa kelas IX yang mengikuti penyuntikan vaksin. Namun, ada beberapa siswa yang belum mengikuti vaksinasi karena berbagai faktor, seperti sedang sakit atau belum mendapat izin dari orang tua. “Bagi siswa yang belum divaksin, pihak sekolah akan mendata kembali, agar siswa tersebut bisa melaksanakan vaksinasi susulan,” ucap Wasiat.

Dari hasil pengamatan di lapangan, siswa yang akan melakukan vaksin dicek suhu oleh petugas. Lalu, siswa menuju kelas masing-masing untuk didata. Kemudian, siswa menuju ruang tunggu untuk dipanggil petugas medis. 

Sebelum disuntik vaksin, siswa dicek tensi darah dan suhu tubuh oleh petugas medis, setelah itu siswa ditanya mengenai riwayat kesehatan mereka. Setelah dinyatakan layak, siswa disuntik vaksin. Usai disuntik, siswa menuju ruang observasi untuk memastikan tidak ada efek samping dari penyuntikan selama 30 menit. Proses selanjutnya, petugas memberikan sertifikat vaksinasi kepada siswa. 

Wasiat menambahkan untuk vaksinasi tahap kedua rencananya akan dilakukan pada 7 Oktober 2021. Untuk lokasinya, pihaknya akan menunggu instruksi dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. 

Terkait pemberian vaksin untuk kelas VII dan VIII, Wasiat mengatakan sedang masih dalam proses pendataan dan pengumpulan surat pernyataan persetujuan orang tua/wali siswa. Dia sangat berharap lewat vaksinasi ini anak-anak menjadi lebih sehat dan sekolah bisa segera melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. 

Dalam kegiatan ini, selain SMPN 26 Bandar Lampung, vaksinasi juga diikuti oleh sekolah lain, yakni dari SMP IT Baitul Jannah, SMP IT Fitrah Insani, dan SMP Islam Nashihuddin. Selain Tim Satgas Covid SMPN 26 dan Puskesmas Rawat Inap Kemiling, Bhabinkamtibmas, linmas, dewan guru dan pegawai, serta masyarakat juga turut mendukung dan membantu pelaksanaan vaksinasi ini.  (RIL)

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS