Gunakan Reverse Vending Machine, ASDP Kumpulkan 30 Ribu Botol Plastik Seberat 560 Kg

Yunike Purnama - Jumat, 27 Oktober 2023 20:08
Gunakan Reverse Vending Machine, ASDP Kumpulkan 30 Ribu Botol Plastik Seberat 560 KgPT ASDP Indonesia Ferry berupaya menjaga keseimbangan lingkungan hidup melalui serangkaian inisiatif pengelolaan sampah. (sumber: ASDP)

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry  berupaya menjaga keseimbangan lingkungan hidup melalui serangkaian inisiatif pengelolaan sampah. Pada periode Januari hingga Oktober 2023, ASDP berhasil mengumpulkan hampir 30.000 botol plastik dengan total berat mencapai 560 kg melalui penggunaan mesin Reverse Vending Machine (RVM).

Capaian ini menciptakan dampak positif yang signifikan. Pengumpulan botol plastik sebanyak ini berhasil mengurangi emisi karbon sebesar 2,09 ton, sebagai kontribusi dalam upaya mitigasi perubahan iklim.

Lebih dari 300 partisipan, termasuk karyawan yang dikenal sebagai Ferizyan dan anggota masyarakat umum, telah berperan aktif dalam mengumpulkan sampah plastik melalui RVM ASDP. Hal ini mencerminkan kesadaran dan komitmen bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi dampak negatif sampah plastik pada ekosistem.

Selain RVM, ASDP juga telah menyediakan dropbox sampah di berbagai lokasi, seperti Jakarta dan Merak. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen ASDP dalam mengatasi permasalahan serius terkait sampah plastik yang sering mencemari lingkungan laut.

Langkah penanganan sampah sejalan dengan capaian Sustainable Development Goals (SDGs), terutama mendukung tujuan SDGs nomor 12, 13, dan 14 yang berkaitan dengan perlindungan lingkungan, pengurangan emisi karbon, dan pengurangan penggunaan plastik.

Sebagai operator kapal terbesar di indonesia, dengan mengoperasikan 226 unit kapal dan 36 unit pelabuhan di bawah naungan ASDP, peran perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan sangat penting. 

Inisiatif pengelolaan sampah yang terus berkembang, juga mencerminkan komitmen ASDP untuk menjadi agen perubahan positif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Seiring dengan pertumbuhan perusahaan. ASDP memastikan bahwa langkah-langkah berkelanjutan akan terus menjadi bagian integral dari operasional perusahaan, menciptakan dampak positif yang berkelanjutan pada lingkungan hidup dan Masyarakat.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS