Ganti Suasana Kamar Tidur dengan 5 Warna Ini Supaya Mood Lebih Baik

Yunike Purnama - Sabtu, 15 Januari 2022 16:19
Ganti Suasana Kamar Tidur dengan 5 Warna Ini Supaya Mood Lebih BaikIlustrasi cat warna kamar tidur (sumber: Pinterest)

BANDARLAMPUNG - Bagi kebanyakan dari kita, kembali ke rumah setelah hari yang melelahkan jadi kebahagiaan tersendiri. Anda bisa melepas lelah dengan bersantai di kamar tidur. 

Jika kamar tidur Anda adalah ruangan yang mencerminkan gaya pribadi Anda, penting untuk mengubahnya sesekali agar tetap menarik.

Seorang ahli dalam psikologi warna Amy Wax merinci bagaimana lima warna kamar tidur dapat memengaruhi suasana hati Anda secara positif. 

Dari warna biru hingga rona merah, warna di kamar tidur Anda dapat memengaruhi energi ruang Anda, berikut ini lima warna tersebut.

1. Warna merah dapat membangkitkan kedamaian

Warna merah yang lebih terang, seperti blush, mawar, dan merah muda koral, dapat membuat Anda merasa tenang dan mengarah pada perasaan damai secara umum. "Jika saya melakukan pewarnaan untuk psikiater atau psikolog tempat orang-orang datang, dan mereka ingin mereka bersantai di kantor, mereka sering meminta warna pink muda karena tidak sulit untuk dilihat atau diproses," kata Wax, seperti dilansir dari laman Insider.

Dia juga mengatakan bahwa karena banyak orang sudah memiliki nuansa ini di lemari pakaian mereka, mereka secara fisik merasa nyaman berada di dekatnya.

2. Nuansa biru bisa menginspirasi istirahat

Wax mengatakan bahwa biru, biru-hijau, dan biru-abu-abu adalah beberapa warna yang paling menenangkan untuk kamar tidur. "Dalam psikologi, biru adalah warna yang kita temukan untuk dikaitkan dengan rasa percaya, dan dengan demikian biru secara otomatis adalah warna yang kita rasa dapat kita lengah dan warna yang kita rasa jujur dan nyaman bagi kita,"ujarnya.

Anda dapat memilih biru di sisi yang lebih terang atau sesuatu yang lebih dramatis, seperti biru tua, dan menyeimbangkannya dengan krim dan warna yang lebih terang untuk efek menenangkan yang sama.

3. Warna cokelat netral dan kelabu tua cenderung terasa nyaman

Menggabungkan nuansa cokelat dan kelabu tua dapat membuat ruangan terasa lebih nyaman. "Ini warna dasar yang bagus karena tidak terlalu mencolok saat Anda berjalan di dalam ruangan," kata Wax. 

Warna-warna ini menciptakan latar belakang yang indah dengan nuansa alam. Anda akan secara otomatis merasa dipeluk dan nyaman.
Anda dapat menggunakan nuansa cokelat sebagai warna dasar atau sebagai aksen untuk mencapai efek ini.

4. Hijau dikaitkan dengan relaksasi dan keamanan

Meskipun bukan warna kamar tidur yang paling populer, hijau bisa membuat rileks dan tenang, terutama variasi abu-abu-hijau. Ada juga alasan mengapa aktor dan tamu bersantai di ruang hijau sebelum tampil di TV. 
"Ini adalah warna yang membuat Anda rileks dan stres berkurang," kata Wax. 
Warnanya tidak selalu besar dalam desain interior, tetapi semakin populer di area di seluruh rumah.

5. Nuansa ungu bisa membuat Anda merasa tenang dan nyaman

Ungu tua tidak selalu seperti yang Anda harapkan ketika Anda masuk ke sebuah ruangan, yang merupakan bagian dari apa yang membuatnya begitu menarik, kata Wax. "Plum bisa menjadi elegan," katanya.

Ini memiliki kekayaan batu permata dan sangat serbaguna.

Ada juga banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan nuansa ungu untuk menciptakan getaran yang berbeda di kamar tidur.

"Warna-warna ini tidak sulit untuk diproses, seperti merah dan kuning, dan tidak sehalus warna biru," kata Wax.

"Ungu sering kali merupakan warna yang berhubungan dengan royalti, jadi ketika warna ungu yang kaya digunakan dapat membuat ruangan terasa lebih mewah dan bermartabat. Setiap ruangan dengan kualitas itu pasti akan menenangkan, introspektif, dan nyaman di ruang Anda."(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS