Fitur Telegram Premium Sudah Tersedia untuk Semua Pengguna

Yunike Purnama - Kamis, 17 Agustus 2023 10:43
Fitur Telegram Premium Sudah Tersedia untuk Semua Pengguna (sumber: null)

JAKARTA - Aplikasi perpesanan rival WhatsApp, yaitu Telegram pertama kali mengumumkan adanya fitur Stories pada bulan Juli lalu. Akan tetapi, fitur ini hanya tersedia untuk pelanggan Telegram Premium berbayar.

Akan tetapi, baru saja layanan pesan instan tersebut meluncurkan fitur Stories ini untuk semua pengguna. Meski begitu, fitur Stories ini sebetulnya mirip dengan fitur Status di WhatsApp yang sudah ada mendahului Telegram.

Dengan adanya fitur tersebut, Telegram memungkinkan pengguna untuk mengedit Stories setelah mempostingnya. Platform lain seperti Facebook, Instagram, Snapchat, dan TikTok masih tidak mengizinkan pengguna untuk mengedit kembali Stories yang sudah diunggah atau sudah tayang.

Jika pengguna ingin mengedit Stories, maka pengguna harus menghapus Stories tersebut terlebih dahulu lalu diikuti dengan memposting Stories yang baru. Akan tetapi, pengalaman Stories milik Telegram ini tampaknya berbeda dengan platform lain.

Cara Kerja Stories di Telegram

Adanya fitur Stories di Telegram ini akan memungkinkan pengguna untuk memilih siapa saja yang dapat menonton Stories mereka. Pilihannya bisa mencakup semua orang, hanya kontak mereka, beberapa kontak terpilih, atau daftar teman dekat.

Pengguna juga dapat menemukan opsi Stories di bagian yang dapat diperluas yang akan ditempatkan di bagian atas daftar obrolan pengguna. Selain itu, pengguna Telegram dapat menyembunyikan Stories yang telah diposting oleh kontak manapun dari layar utama dengan memindahkannya ke daftar Hidden di bagian Contact.

Telegram juga memungkinkan pengguna untuk memilih masa kedaluwarsa Stories. Pengguna bisa memilih opsi kedaluwarsa mulai dari enam jam hingga 48 jam.

Sama seperti bagaimana Instagram memungkinkan pengguna menampilkan highlight Stories di profil mereka, Telegram juga akan memungkinkan pengguna menampilkan Stories secara permanen di halaman profil mereka.

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan teks dan link serta menandai orang lain di Stories. Telegram bahkan menambahkan Dual Camera Mode yang memungkinkan pengguna berbagi foto dan video yang diambil dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Fitur Berbayar dari Telegram Stories

Sementara itu ternyata Telegram tetap memiliki beberapa fitur Stories khusus untuk pengguna berbayar yaitu Stealth Mode. Opsi ini memungkinkan pengguna menghapus munculnya profil mereka dari Stories apapun yang mereka buka dalam lima menit terakhir dan menyembunyikan apa yang mereka lihat selama 25 menit berikutnya.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS