FGD Laportbc Pasien RSUD Jend Ahmad Yani Metro, Fitur 'Terhubung' Jadi Paling Favorit

Yunike Purnama - Sabtu, 29 Juni 2024 12:47
 FGD Laportbc Pasien RSUD Jend Ahmad Yani Metro, Fitur 'Terhubung' Jadi Paling Favorit (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Organisasi Penyintas Tuberkulosis (OPT) Sobat Sehat kembali menggelar Forum Group Discussion (FGD) Laportbc untuk para pasien TB RO. Pada FGD kali ini acara berlangsung di RSUD Jend Ahmad Yani pada Jumat, 28 Juni 2024.

Pada FGD kali ini dihadiri oleh peserta dari pasien TB RO yang melakukan pengobatan di RSUD Ahmad Yani, kemudian perwakilan SR Inisiatif Lampung Sehat (ILS) Dian Sugiono, Ketua Sobat Sehat Ardiansyah, Penanggung Jawab Poli TB RO RSUD Jend Ahmad Yani Nurdianto, Narasumber platform Laportbc Ulfatun Nissa, Fasilitator Yudi Novriansyah, serta perwakilan OPT Sobat Sehat.

Ketua Sobat Sehat Ardiansyah. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Ketua Sobat Sehat Ardiansyah mengatakan, agenda FGD Laportbc memang menjadi salah satu program agenda rutin Sobat Sehat dalam rangka mengenalkan aplikasi Laportbc ke para pasien.

"Platform Laportbc ini merupakan salah satu bentuk konsistensi komunitas dalam mendukung eliminasi tuberkulosis tahun 2030 di Indonesia, semoga dengan adanya platform laportbc ini dapat memberikan manfaat membantu proses kesesmbuhan pasien," papar Ardi.

Perwakilan SR Inisiatif Lampung Sehat (ILS) Dian Sugiono. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Perwakilan SR Inisiatif Lampung Sehat (ILS) Dian Sugiono dalam sambutannya menghimbau untuk para pasien memanfaatkan dengan maksimal FGD yang digelar komunitas Sobat Sehat.

"Kegiatan ini juga dapat menjadi momen para pasien berbagai pengalaman suka dan duka selama menjalani pengobatan TB RO, sambil belajar terkait manfaat dari aplikasi Laportbc,"papar Dian.

Dian melanjutkan, sejalan tujuan hadirnya Laportbc dalam eliminasi TB, ILS memastikan pasien menjalani kewajibannya yakni pengobatan hingga sembuh. Kemudian paham atas hak pasien seperti mendapatkan pendampingan selama menjalani pengobatan, mendapatkan enabler dan mendapatkan perlindungan terkait stigma yang dialami pasien TB ditengah masyarakat.

Fitur 'Terhubung' Laportbc Jadi Paling Favorit diakses Pasien

Foto bersama pasien TB RO  RSUD Jend Ahmad Yani Metro. Foto: Ist

Kemudian pemaparan materi dari narasumber Ulfatun Nissa mengatakan, semenjak launching resmi laportbc fitur 'Terhubung' menjadi favorit yang paling sering digunakan pasien.

"Dalam fitur terhubung ini pasien dapat berkomunikasi dengan sesama pasien TB yang tersebar di seluruh Indonesia, hal ini menjadi salah satu penyemangat pasien dalam menjalani pengobatan karena bisa berbagi bersama baik terkait ESO, penanganan stigma dan mendapatkan motivasi untuk tetap menjalani pengobatan hingga sembuh," jelas Nissa.

Selain fitur terhubung, terdapat juga fitur lainnya dalam aplikasi laportbc seperti Kenali Hak, Dapatkan Informasi, Dapatkan Akses Kesehatan Terdekat dari tempat tinggal, Terlibat dan Survei.

Dalam melakukan pengundubga dapat melalui Googleplay https://bit.ly/laporTBC_Android, kemudian melalui IOS di https://bit.lyl/laporTBC_IOS

"Lampung menempati peringkat kedua pengguna data hotline platform laportbc per Mei 2024 dengan jenis penanganan aduan terbanyak terkait efek samping obat, kemudian terkait stigma yang berdampak pada pasien TB," tambah Yudi Novriansyah.

Kokom salah satu pasien TB RO yang turut dalam kegiatan FGD Laportbc berbagi pengalaman terkait efek samping obat yang dialami.

"Awal pengobatan ESO yang dialami luar biasa mulai dari mual, pusing, sesak sampai terakhir masalah pada mata, tapi saya tetep bertahan dan menjalani pengobatan sampai akhirnya saat sudah masuk tahap lanjutan perkembangan kondisi kesehatan saya lebih baik,"ceritanya.

"Kenal dengan aplikasi laportbc ini langsung dari bu Nissa, diajarkan cara pakai dan manfaat yang bisa didapatkan untuk pasien, termasuk fitur terhubung yang ternyata kita bisa berbagi pengalaman bersama pasien lainnya. Semoga dapat bermanfaat membantu para pasien lainnya tetap semangat jalani pengobatan sampai sembuh,"harapnya. (ynk)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS