Fakta Menarik Formula E, Ajang Balap Mobil Listrik

Chairil Anwar - Rabu, 20 April 2022 09:55
Fakta Menarik Formula E, Ajang Balap Mobil Listrikvisual sirkuit Formula E (sumber: Dok. Jakpro)

JAKARTA — Ajang balap mobil listrik Formula E musim 2021/2022 akan diselenggarakan di  Jakarta pada 4 Juni 2022. Secara resmi Ancol menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik ini. 

Ajang balap tersebut diselenggarakan untuk menggenjot industri mobil listrik. Selain itu, ajang ini untuk mendukung pengurangan emisi karbon dioksida dengan mengganti bahan bakar menggunakan listrik yang dianggap lebih hemat.

Apalagi, ajang balap ini menjadi yang pertama kali di Indonesia. Oleh sebab itu,  TrenAsia.com rangkum dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta menarik seputar persiapan ajang balap Formula E.

Sirkuit 

Ancol resmi ditunjuk sebagai lokasi sirkuit dalam penyelenggaraan ajang balap mobil listrik ini. Pengerjaan sirkuit telah dimulai sejak 3 Februari lalu dengan menggunakan sumber dana dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro). 

Bentuk sirkuit Formula E ini disesuaikan seperti kuda lumping yang memiliki lintasan sepanjang 2.400 meter yang terdiri dari 18 tikungan dan panjang trek lurus sejauh 527 meter.

Pengerjaannya Nonsetop 24 Jam

Pengerjaan pembangunan sirkuit Formula E dilakukan selama 54 hari dengan durasi kerja selama 24 jam nonsetop. Pengerjaan tersebut sudah sesuai dengan kontrak kerja dengan kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama.

Jumlah pekerja dalam proyek pembangunan ini sekitar 300—400 orang yang dibagi menjadi 3 shift yakni pagi, siang, dan malam.

Terdiri dari 5 Zona

Pembangunan sirkuit ini dibagi menjadi 5 zona dan yang tersulit berada di zona 5. Zona 5 memiliki panjang 1,04 kilometer. Jika di lihat dalam bentuk gambar, zona 5 adalah bagian kepala dari bentuk kuda lumping, yang berarti memiliki tikungan tajam.

Material yang Dipakai

Dalam pembangunan sirkuit ini kontraktor menggunakan limeston. Limeston merupakan sejenis batuan kapur yang digunakan sebagai dasar pondasi bawah agar tanah stabil. Kemudian limestone dilapisi dengan geotextile non woven, yang diisi batu Base B setinggi 20 cm dan Base A setinggi 15 cm kemudian akan diberi hotmix.

Harga Tiket

Mengenai harga tiket Formula E 2021/2022 bisa dipesan pada bulan Mei 2022. Tiket Formula E dibandrol mulai Rp350.000 sampai jutaan rupiah. Adapun kapasitas yang berjumlah 50 ribu penonton.  (CA) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Desi Kurnia Damayanti pada 20 Apr 2022 

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS