Erlangga Giat Literasi 2024 Sapa Anak-Anak Lampung Barat

Eva Pardiana - Senin, 29 Januari 2024 13:27
Erlangga Giat Literasi 2024 Sapa Anak-Anak Lampung BaratErlangga Giat Literasi Keliling Nusantara di tahun 2024 kembali digelar, Senin (29/1/2024) di Balai Pekon Karang Agung Lampung Barat. (sumber: Dok. Erlangga Lampung)

LAMPUNG BARAT — Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara di tahun 2024 kembali digelar, Senin (29/1/2024). Kegiatan kali ini, bekerjasama dengan Gerakan Literasi Daerah (GLD) Lampung Barat dan berlangsung di Balai Pekon Karang Agung atau lokasi ke-2 pelaksanaannya di tahun 2024 setelah sebelumnya diadakan di Cianjur.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh 200 anak-anak dari dari berbagai kelompok usia, mulai dari anak-anak taman kanak-kanak hingga anak umur sekolah dasar. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan minat baca, kreativitas, dan ekspresi melalui kegiatan story telling dan mewarnai.

Adapun rangkaian acara kegiatan literasi sebagai berikut:

Pertama, pembukaan. Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua GLD Lampung Barat, Partinia. 

Dalam sambutannya, Partinia mengajak anak-anak untuk mengikuti rangkaian acara dengan baik dan meminta mereka untuk selalu gemar membaca. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Erlangga yang telah menyelenggarakan kegiatan literasi

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Cabang Penerbit Erlangga Lampung, Linggom.

“Semoga kegiatan literasi ini menambah semangat anak-anak untuk meningkatkan minat baca dan kreativitas,” ujar Linggom.

Kedua, sesi penyerahan donasi piagam penghargaan dan penyerahan donasi dari Erlangga kepada pihak GLD.

Ketiga, sesi mewarnai. Setelah acara pembukaan, anak-anak mengikuti kegiatan mewarnai satu lembar kertas yang bergambar anak yang sedang membaca buku. Dalam hal ini kertas dan crayon warna disediakan oleh panitia.

Keempat, sesi story telling. Sesi story telling yang dibawakan oleh pendongeng berpengalaman, Kak Jarwo Songha. Cerita yang dipilih disesuaikan dengan tema kegiatan. Peserta terlihat sangat antusias mendengarkan cerita dan memperhatikan setiap detail.

Kelimat, Penanaman Pohon di area kegiatan, dan Penutupan serta Penyerahan Hadiah. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba mewarnai dan penyerahan hadiah kepada peserta yang berprestasi. Setelah itu acara ditutup dengan foto bersama.

Untuk diketahui, program Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara tercipta pada tahun 2023 menggandeng Solidaritas Erlangga (SOGA) akan terus berkontribusi dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yakni dalam upaya menumbuhkan minat baca anak dan mutu pendidikan Indonesia dan hingga saat ini telah diikuti sebanyak 1.700 anak dari 11 kabupaten di seluruh Indonesia. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS