Mengenal Aminah Cendrakasih, Sosok yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Eva Pardiana - Senin, 29 Januari 2024 11:12
Mengenal Aminah Cendrakasih, Sosok yang Jadi Google Doodle Hari IniTangkapan layar Google Doodle hari ini, Senin (29/1/2024). (sumber: Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Hari ini, Google Doodle menampilkan Aminah Cendrakasih, seorang legenda perfilman Indonesia. Potretnya ditempatkan dalam sebuah kerangka televisi dengan untaian bunga di sekelilingnya.

Aminah Cendrakasih, aktor legendaris, diabadikan oleh Google pada hari ulang tahunnya. Ia dikenal sebagai Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan, namun, perlu diketahui bahwa karirnya melibatkan lebih dari itu.

Dikutip dari laman Google Doodle, Aminah lahir pada 29 Januari 1938 di Magelang, Jawa Tengah, dari keluarga hiburan. Mulai meniti karir pada tahun 1955, ia terlibat dalam berbagai film seperti "Oh, Ibuku" dan "Gambang Semarang."

Aminah, juga aktif di HSBI (Himpunan Seni Budaya Islam) dan LKB (Lembaga Kebudayaan Betawi), membintangi 101 film antara 1955 hingga 1989, termasuk "Habis Gelap Terbitlah Terang."

Meninggal pada 21 Desember 2022, Aminah Cendrakasih, di usia 83 tahun karena glaukoma, meninggalkan jejak dalam perfilman Indonesia. Selain film, ia berperan di organisasi seni dan meraih penghargaan termasuk Lifetime Achievement Award pada Indonesia Movie Awards 2013.

Daftar filmnya yang panjang mencakup "Si Doel the Movie 2" hingga "Oh, Ibuku." Penghargaan lain termasuk Piala Maya 2018 dan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada 1992. (*)

Editor: Eva Pardiana
Tags google doodleBagikan

RELATED NEWS