Dorong Pangan Berkelanjutan, Bukalapak Donasi Kelebihan Makanan

Yunike Purnama - Minggu, 06 Agustus 2023 12:07
Dorong Pangan Berkelanjutan, Bukalapak Donasi Kelebihan MakananPT Bukalapak com Tbk sebagai salah satu perusahaan teknologi besar di Indonesia mulai menerapkan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam bidang usahanya. (sumber: Ist)

JAKARTA – PT Bukalapak com Tbk sebagai salah satu perusahaan teknologi besar di Indonesia mulai menerapkan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam bidang usahanya. Hal itu guna menjaga keberlangsungan lingkungan serta sosial dalam jangka panjang.

Dalam bidang Environmental, Bukalapak memulai usaha keberlanjutan lingkungan hidup dengan mendidik para pegawai, pembeli, dan penjual untuk melestarikan dan menyelamatkan lingkungan hidup melalui cara-cara sederhana namun berarti. 

Selain itu, Perusahaan ini juga melibatkan pegawainya yang suka berkecimpung dalam kegiatan-kegiatan sosial dengan aktivitas seputar lingkungan hidup, dikutip dari laman Bukalapak.com, Kamis 3 Agustus 2023. 

Bukalapak juga membuka mata terkait pemasalahan sosial sebagai wujud implementasi komponen Social. Perusahaan ini berperan aktif menolong masyarakat dengan merespon kebutuhan mendesak dalam meningkatkan literasi finansial dan digital, yang nanti mendorong keterbukaan ekonomi.

Terkait komponen Governance, Bukalapak memberikan dukungan dalam bidang manajemen sumber daya manusia, etika berbisnis, dan tanggung jawab sosial. Perusahaan membuka akses informasi kepada para karyawan dengan menyediakan pelatihan keterampilan secara gratis dan membantu mereka dalam menaiki jenjang karier sekaligus memacu kepatuhan etis perusahaan.

Wujud nyata yang telah dilakukan Bukalapak yaitu dengan berpartisipasi dalam program More Sustainability Actions, Less Waste. Dalam program ini, Bukalapak secara berkala mendonasikan sejumlah produk makanan berlebih dari gudang Mitra Bukalapak ke Yayasan Surplus Peduli Pangan. 

Pada kolaborasi ini, Bukalapak menyumbangkan ± 1 ton produk makanan dalam kemasan atau setara pencegahan ± 1,43 ton CO2e total emisi yang berpotensi dihasilkan jika total produk tersebut berakhir menjadi sampah makanan. 

Aksi nyata lainnya yang turut dilakukan yaitu dengan penanaman 1.000 bibit pohon mangrove di program Akar Kebaikan bersama Bukalapak. Secara perdana perusahaan teknologi ini menanam 200 bibit pohon mangrove pertama di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk pada akhir 2022. 

Penanaman bibit pohon mangrove dilakukan sebagai upaya untuk menanggulangi pemanasan global yang telah menimbulkan banyak dampak di dunia seperti pencairan es di kutub dan perubahan iklim ekstrem di banyak tempat. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS