Dijadwalkan Berangkat Besok, Calon Haji Lampung Utara Tiba di Asrama Haji Rajabasa

M. Iqbal Pratama - Selasa, 23 Mei 2023 14:00
Dijadwalkan Berangkat Besok, Calon Haji Lampung Utara Tiba di Asrama Haji RajabasaMasa operasional haji 1444H/2023 dimulai hari ini Selasa, 23 Mei 2023. Untuk Provinsi Lampung, rombongan jamaah haji pertama yang menjadi kloter kedua nasional akan masuk Asrama Haji Rajabasa (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabarsiger )

BANDARLAMPUNG - Masa operasional haji 1444H/2023 dimulai hari ini Selasa, 23 Mei 2023. Untuk Provinsi Lampung, rombongan jamaah haji pertama yang menjadi kloter kedua nasional akan masuk Asrama Haji Rajabasa, Bandarlampung terlebih dahulu. Jamaah kloter ini berasal dari Kabupaten Lampung Utara.

Jamaah haji akan diterima di Gedung Madinatul Hujaj Asrama Haji Rajabasa Bandar Lampung untuk proses registrasi seperti penyerahan SPMA, pembagian living cost, pembagian gelang dan nomor kamar, penyerahan paspor dari imigrasi, pembagian nomor seat penerbangan dan pembagian obat-obatan. 

Kemudian jamaah masuk ke kamar asrama dan tahapan terakhir adalah proses pemeriksaan menggunakan X Ray sebelum jamaah di berangkatkan menuju Bandara Raden Inten Branti.

“Rombongan jamaah haji pertama Lampung terdiri dari 385 jamaah dari Kabupaten Lampung Utara yang didampingi 5 orang petugas haji terdiri dari TPHI, TPIHI, Dokter, dan Paramedis,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Lampung Puji Raharjo, Selasa (23/5/2023).

Untuk memaksimalkan proses masuk asrama, Kanwil kemenag Lampung telah melakukan simulasi proses masuk asrama pada Senin (22/5/2023). Simulasi tersebut juga untuk memastikan semua kebutuhan jamaah haji terpenuhi dan jamaah bisa berangkat ke tanah suci dengan lancar.

Terlebih saat ini lanjut Puji, banyak jamaah haji masuk kategori lansia. Sehingga ia berharap para petugas dan panitia haji untuk dapat memberikan layanan maksimal dan terbaik pada jamaah haji, khususnya jamaah haji lansia. Hal ini sesuai dengan tagline yang diangkat pemerintah tahun 2023 ini yakni “Haji Ramah Lansia”.

Ia meminta kepada para petugas dan panitia untuk benar-benar melayani para jamaah haji lansia seolah mengurus orang tua sendiri dengan pelayanan terbaik dari seorang anak. “Dampingi dan perhatikan para lansia dan difable. Mereka harus mendapatkan keistimewaan dalam pelayanannya,” pintanya.

Pelayanan yang diberikan lanjutnya harus sesuai dengan standar. Sehingga para petugas dan panitia harus memiliki komitmen dan niatan yang tulus untuk melayani para tamu Allah ini. Di antaranya dengan aktif peduli memperhatikan dan bertanya kepada jamaah terkait apa-apa yang dibutuhkan oleh mereka.

Di antara bentuk layanan spesial kepada para lansia, Puji meminta ada jalur khusus bagi para lansia dan difable saat melakukan registrasi di Asrama Haji. Jumlah kursi roda juga pintanya, harus diperhatikan menyesuaikan jumlah kebutuhan

“Jangan sampai kita kekurangan kursi roda di sini (asrama haji),” tegasnya.

Berdasarkan estimasi jadwal pemberangkatan jamaah haji Lampung, setelah jamaah Lampung Utara, jamaah haji dari kabupaten akan menyusul. Yakni Lampung Barat (25 Mei 2023), Lampung Tengah ( 26 Mei 2023), Bandarlampung (27 Mei 2023), Lampung Timur (28 Mei 2023), Tanggamus (29 Mei 2023), Lampung Tengah (30 Mei 2023), dan Bandarlampung (1 Juni 2023).

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung M Ansori mengatakan calon jemaah haji kloter pertama tersebut nantinya akan diberangkatkan pada Rabu, 24 Mei 2023, pada pukul 02.30 WIB.

Pada pukul 02:30 WIB 24 Mei 2023, CJH tersebut diberangkatkan dari Asrama Haji menuju Bandar Udara Internasional Radin Inten II Lampung, Natar Lampung Selatan.

"Para CJH di kloter ini diagendakan akan diberangkatkan pada pukul 07:30 WIB menggunakan Pesawat Garuda dengan proses Embarkasi Jakarta," kata M Ansori. (IQB)

Editor: Redaksi
Tags CJH LampungBagikan
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS