Diikuti 700 Peserta, Pemkot Bandarlampung Sambut Kafilah MTQ ke-50 Tahun 2023

M. Iqbal Pratama - Senin, 09 Oktober 2023 17:30
Diikuti 700 Peserta, Pemkot Bandarlampung Sambut Kafilah MTQ ke-50 Tahun 2023 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah menetapkan Kota Bandarlampung sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Ke-50 Tahun 2023 yang berlangsung mulai 9-16 Oktober 2023 (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG  - Wakil Wali Kota Bandarlampung Deddy Amarullah menyambut kafilah MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 di Asrama Haji Lampung, Senin 9 Oktober 2023.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah menetapkan Kota Bandarlampung sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Ke-50 Tahun 2023 yang berlangsung mulai 9-16 Oktober 2023.

"Alhamdulillah Kota Bandarlampung ditunjuk oleh Gubernur Lampung menjadi penyelenggara MTQ Ke-50 tingkat Provinsi Lampung," ujar Deddy.

Lanjut Deddy, Pemerintah Kota Bandarlampung sangat mengapresiasi Pemerintah provinsi  Lampung. "Dengan rasa syukur, kami menerima. Alhamdulillah semua sudah dipersiapkan untuk lomba. Insyaallah besok acara pembukaannya," kata dia.

Deddy menyampaikan pihaknya bersama Kementerian Agama Kota Bandarlampung telah menyambut rombongan kafilah dari Pesawaran dan Lampung Selatan pagi tadi.

"Kafilah ini datang secara berangsur-angsur. Semoga para kafilah bisa mewujudkan harapan masing-masing daerahnya," ujar dia.

Ia mengajak para kafilah untuk menjaga kekompakan dan persatuan pada acara MTQ Ke-50 sebagai bagian dari syiar agama Islam.

"Kami sebagai tuan rumah tentunya berharap MTQ ini tidak menjadi ajang perseteruan dan kepentingan yang macam-macam," kata dia.

Sehingga, tambah Deddy, masyarakat memiliki akhlak mulia serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

MTQ di Bandarlampung mengusung tema ‘Dengan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 Kita Wujudkan Generasi Qurani untuk Lampung Berjaya’.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandarlampung, Drs. Makmur, M.Ag, menambahkan jumlah total peserta MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Lampung mencapai 600-700 orang.

"Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan kafilahnya. Untuk Kota Bandarlampung full kontingen di semua cabang perlombaan," kata dia.

Makmur menargetkan Kota Bandarlampung,  ditargetkan untuk menjadi Juara Umum MTQ Ke-50.

"Kami sudah melakukan pembinaan (terhadap kafilah), yang kami titipkan di pondok pesantren agar peserta bisa tampil maksimal," ujar dia.

Beberapa cabang lomba yang diunggulkan antara lain Syarh Al-Qur'an, Seni Baca Al-Qur'an (Tilawah), Seni Kaligrafi Al Qur'an.

"MTQ kemarin Syarh Al-Qur'an dan Tilawah putra-putri meraih prestasi semua," pungkas Makmur.

Kafilah MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 akan mengikuti berbagai cabang lomba di sembilan mimbar atau lokasi berikut:

Seni Baca Al-Qur’an : Anak-anak, Remaja, Dewasa dan Tartil Al-Qur’an di Aula Masjid Agung Al-Furqon Bandarlampung;
Qiraat Al-Qur’an : Golongan Murottal Remaja, Murottal Dewasa, Mujawwad Dewasa, dan Golongan Canet di Aula MAN 2 Bandarlampung;
Hafalan Al-Qur’an : Golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 20 juz di Masjid Al-Mujahidin Pahoman, Bandarlampung;
Fahm Al-Qur’an di Aula SMPN 16 Bandarlampung;
Syarh Al- Qur’an di Aula SMPN 1 Bandarlampung;
Seni Kaligrafi Al-Qur’an di Kampus UTB (Universitas Tulangbawang) Bandarlampung;
Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ) di SMK 1 Bandarlampung;
Hafalan Hadits Nabi di Aula Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung.

Sementara, arena utama MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 dipusatkan di Lapangan Korem 043/Gatam, Rawa Laut, Enggal. (IQB)

Editor: Redaksi
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS