Digital Marketing Dorong Pengusaha Tingkatkan Profit Bisnis

Yunike Purnama - Selasa, 17 Mei 2022 09:45
Digital Marketing Dorong Pengusaha Tingkatkan Profit BisnisIlustrasi digital marketing (sumber: SEO Agency Jave)

BANDARLAMPUNG - Pandemi membuat sebagian besar pelaku usaha besar maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) beralih ke platform digital, baik marketplace atau media sosial (medsos). 

Namun, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam menerapkan digital marketing agar bisa efektif menarik konsumen hingga akhirnya meningkatkan penjualan produk.

Pelaku usaha bisa memanfaatkan media sosial sebagai channel penjualan. Media sosial populer seperti Facebook, Instagram atau Tiktok banyak digunakan sebagai saluran promosi dan berjualan. Meski demikian, dalam memutuskan menjual atau promosi lewat media sosial, pelaku usaha harus mampu memisahkan antara akun pribadi dan akun komersial.

Selain itu, pemilihan saluran media sosial juga penting disesuaikan dengan produk yang akan dipasarkan segmen yang akan disasar. Misalnya Instagram, channel ini dianggap tepat untuk memasarkan jenis produk segmen anak muda seperti pakaian, smartphone dan aksesoris. Kemudian produk fast moving consumer goods (FMCG), karena memiliki daya tarik visual.

Langkah berikutnya, pemasar atau pemilik merek harus memiliki strategi konten yang mencakup jenis konten yang dibuat, waktu dan frekuensi posting, cara mengamplikasi konten secara organik atau menggunakan adds. Berikutnya apakah dalam membuat konten perlu bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan brand awareness dan loyality.

Jangan lupa, peran SEO untuk pelaku bisnis juga penting karena merupakan fundamental yang harus diperhatikan sedari awal dan seterusnya. SEO membantu meningkatkan profit bisnis naik ke atas ketika ada pembeli melakukan pencarian.

"Manfaat SEO untuk bisnis semakin dirasakan oleh pengusaha. Dengan keterampilan digital bisa memasarkan usaha tanpa batas," kata praktisi digital dari sebuah jasa SEO agency Jave dalam keterangan resmi dikutip Selasa, 17 Mei 2022.

Berbagai forum SEO mulai semarak, dihadiri praktisi dan pemilik jasa SEO di dunia. SEO adalah usaha untuk memunculkan jasa atau produk di laman pencarian agar konsumen lebih cepat dan mudah dalam menemukan produk usaha. SEO telah banyak membantu meningkatkan bisnis di era digital. "SEO adalah era digital marketing baru yang diharapkan bisa secara natural membantu kenaikan laba perusahaan," jelasnya. (*)

Editor: Yunike Purnama
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS